Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Apel yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp

Selain jeruk, apel merupakan salah satu buah yang familiar dan banyak disukai orang. Apel memiliki banyak sekali jenis dan dapat diolah menjadi berbagai minuman, makanan hingga prosuk kecantikan. Buah apel memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan wajah. Apa saja manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh? Berikut ini beberapa manfaat buah apelbagi kesehatan tubuh.

  1. Membantu kerja usus halus

Manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh yang pertama yaitu buah apel baik dikonsumsi untuk membantu kerja usus halus. Kandungan gizi pada buah apel memiliki fungsi yang baik untuk membantu kerja usus halus dalam menyerap nutrisi makanan serta mencegah masalah atau penyakit yang menyerang usus halus.

Read More

  1. Mencegah dan mengatasi asma

Manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mencegah dan mengatasi penyakit asma. Telah kita ketahui asma merupakan penyakit yang menyerang organ pernapasan yang mengakibatkan sesak atau susah saat bernafas. Salah satu cara untuk mencegah dan mengatasi asma yaitu dengan mengkonsumsi buah apel. Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah apel berfungsi utuk menjaga kesehatan sistem pernapasan.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain dapat mengatasi penyakit asma, manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Buah apel memiliki kandungan Boron dan Flavonoid  dimana kedua zat ini memiliki salah satu manfaat yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Dengan mengkonsumsi buah apel dapat membantu memperkuat tulang Anda sehingga tidak mudah keropos.

  1. Mengontrol gula darah

Manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mengontrol gula darah dalam tubuh. Buah apel memiliki kandungan Galacturonic acid yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga dapat terkontrol. Bagi penderita diabetes, buah apel baik dikonsumsi untuk menurunkan dan mengatasi gula darah dalam tubuh.

  1. Mencegah dan Mengobati Kanker

Manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh yang keenam yaitu dapat mencegah dan mengobati penyakit kanker. Kandungan Flavonoid yang terdapat pada buah apel tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang tapi juga berfungsi untuk mencegah pertumbuhan senyawa penyebab kanker. Dengan mengkonsumsi buah apel dapat menurunkan  resiko penyakit kanker.

  1. Menjaga  Kesehatan Otak

Manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan otak. Kandungan gizi yang terdapat padabuah apel berfungsi baik untuk mencegah stress serta dapat mengatasi penyakit Alzheimer. Dengan mengkonsumsi buah apel dapat membantu menjaga otak agar tetap sehat.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain menjaga kesehatan otak, manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat menurunkan kolesterol. Kolesterol merupakan musuh bagi semua orang khususnya bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.  Salah satu cara menurunkan kolesterol dalam tubuh yaitu dengan mengkonsumsi buah apel. Buah apel memiliki kandungan serat larut yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol dengan mengikat lemak yang masuk ke dalam usus.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah apel memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh salah satunya yaitu serat. Kandungan serat yang dimiliki buah apel berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dengan mengkonsumsi buah apel dapat melancarkan proses pencernaan sehingga organ pencernaan senantiasa sehat dan tidak bermasalah.

  1. Menyehatkan Jantung

Kandungan gizi nya yang mampu menurunkan kolesterol memiliki manfaat yang berlanjut yakni dapat menyehatkan organ jantung. Jantung merupakan salah satu organ yang sangat penting. Dengan mengkonsumsi buah apel dapat mencegah penyakit jantung yang diakibatkan oleh kolesterol seperti jantung koroner.

  1. Mencegah batu empedu

Tidak hanya dapat menyebabkan penyakit jantung, kolesterol yang berlebih juga dapat menimbulkan efek samping berbahaya lainnya yaitu dapat menyebabkan penyakit batu empedu. Batu empedu merupakan penyakit dimana salah satu penyebabnya akibat kolesterol yang yang terlalu banyak pada empedu. Nah, salah satu cara mengatasi penyakit batu empedu ini yaitu dengan cara mengkonsumsi buah apel dimana buah apel dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh.

  1. Mengatasi Diare dan Sembelit

Diare dan sembelit merupakan dua hal yang bertolak belakang namun sama-sama menyerang sistem pencernaan. Salah satu cara mengatasi masalah diare maupun sembelit atau susah buang air besar yaitu dengan cara mengkonsumsi buah apel. Kandungan gizi buah apel dapat mengatasi dua masalah pencernaan tersebut.

  1. Detoksifikasi Hati

Hati merupakan salah satu organ yang berfungsi untuk menyerap racun-racun dalam tubuh. Untuk membersihkan hati atau detoksifikasi hati salah satunya yaitu dengan cara mengkonsumsi buah apel. Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah apel dapat mengeluarkan racun-racun yang terdapat pada organ hati.

  1. Mencegah katarak

Manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mencegah katarak. Buah apel memiliki kandungan Vitamin A yang cukup tinggi dimana Vitamin merupakan zat yang memiliki fungsi baik untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsusi buah apel dapat mencegah dan mengatasi masalah katarak.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain memiliki kandungan Vitamin A yang cukup tinggi yang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan mata, buah apel juga kaya akan antioksidan dimana antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit sehingga kekebalan tubuh meningkat. Dengan mengkonsumsi buah apel secara rutn dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh Anda.

Related posts