Manfaat dan Nilai Gizi Buah Melon yang Baik Bagi Kesehatan

  • Whatsapp

Siapa yang tak suka melon, buah yang berwarna hijau dan memiliki rasa manis ini tentunya banyak digemari banyak orang baik anak-anak hingga orang tua.

Rasa melon yang nikmat menjadikan buah melon ini dijadikan penambah rasa berbagai minuman dan makanan. Tidak hanya memiliki rasa nikmat dengan diolah menjadi berbagai minuman seperti jus, sirup, sup buah, es buah, makanan, buah yang satu ini juga sangat nikmat jika dikonsumsi langsung.

Read More

Selain memiliki rasa yang manis dan nikmat, buah melon memiliki kandungan dan nilai gizi yang berlimpah yang baik untuk kesehatan tubuh bahkan untuk kecantikan. Namun belum banyak orang yang tahu mengenai manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh.

  1. Kaya akan Antioksidan

Manfaat buah melon bagi kesehatan tubh yang pertama yaitu melon baik dikonsumsi karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan Vitamin C yang terdapat pada buah melon menjadikan buah yang memiliki rasa manis ini mampu memproduksi zat antioksidan yang cukup tinggi dimana zat antioksidan memiliki manfaat yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas.

  1. Menjaga Kesehatan mata

Manfaat buah melon bagi kesehatan tubh yang kedua yaitu kandungan melon mampu menjaga kesehatan mata Anda. Buah melon memiliki kandungan Vitamin A yang cukup tinggi dimana Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi buah melon dapat membantu meningkatkan penglihatan Anda dan mencegah penyakit rabun.

  1. Mencegah penyakit serangan jantung

Selain baik untuk menjaga kesehatan mata Anda, buah melon memiliki kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan organ jantung Anda. Buah melon memiliki kandungan senyawa adenosine dimana senyawa ini berfungsi untuk membantu melancarkan peredarah darah dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah melon dapat membantu menjaga kesehatan organ jantung dan mencegah penyakit serangan jantung.

  1. Membantu melancarkan pencernaan

Manfaat buah melon bagi kesehatan yang keempat yaitu dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Layaknya sayuran dan jenis buah-buahan lainnya, melon juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dimana serat sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan serta membantu melancarkan pencernaan. Dengan mengkonsumsi buah melon dapat mencegah masalah pencernaan seperti sembelit atau susah bab

  1. Mencegah penyakit diabetes

Manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mencegah penyakit diabetes. Meskipun memiliki rasa yang manis, buah yang satu ini aman dikonsumsi tanpa memberikan dampak buruk seperti diabetes. Mengkonsumsi buah melon justru akan membantu mencegah tubuh dari penyakit diabetes. Dengan mengkonsumsi buah melon bisa menjadi asupan  glukosa yang baik untuk tubuh tanpa harus mengkonsumsi gula atau pemanis buatan lainnya.

  1. Mencegah penyakit stroke

Selain dapat mencegah penyakit diabetes, manfaat melon bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mencegah penyakit stroke. Kandungan gizi yang terdapat pada buah melon dapat membantu mengurangi resiko penyakit stroke.

  1. Mencegah impotensi

Bagi pria, buah melon sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi asupan gizi sehari- hari. Mengapa? karena salah satu manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh yaitu dapat mencegah penyakit impotensi bagi kaum pria. Dengan mengkonsumsi buah melon, dapat menjaga vitalitas dan organ reproduksi laki-laki.

  1. Mencegah penyakit kanker

Buah melon memang memiliki kandungan gizi yang sangat baik dan mampu mencegah beberapa penyakit tubuh salah satu nya yaitu dapat mencegah penyakit kanker. Buah melon memiliki kandungan senyawa flavonoid dan karotenoid yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel penyebab kanker. Dengan mengkonsumsi buah melon ini dapat membantu mengurangi resiko penyakit kanker

  1. Menurunkan berat badan

Salah satu diet yang dilakukan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan serta meruntuhkan kolesterol dan lemak dalam tubuh yaitu dengan deroks buah. Salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan yaitu buah melon. Kandungan buah melon aman dikonsumsi bagi mereka yang mnjalankan program diet.

  1. Anti aging

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, buah melon juga memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan tubuh. Buah memiliki kandungan zat yang menjadikan buah melon sebagai anti aging yang baik untuk kecantikan wajah. Anti aging ini sangat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Dengan mengkonsumsi buah melon dapat membuat kulit wajah menjadi lebih cerah, lembut, lembab, sehat dan dapat mencegah kerutan pada kulit wajah serta noda hitam pada kulit wajah

  1. Mencerahkan wajah

Selain sebagai anti aging, buah melon memiliki kandungan Vitamin E dimana Vitamin E ini memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan kulit termasuk wajah. Dengan mengkonsumsi buah melon dapat membantu mencerahkan kulit wajah Anda.

  1. Sumber energi untuk ibu hamil

Ibu hamil dituntut untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan baik untuk janin dalam kandungan. Saat hamil biasanya memerluka energi yang lebih. Salah satu asupan makanan yang baik dikonsumsi sebagai sumber energi bagi ibu hamil yaitu buah melon.

Related posts