Ini Dia 13 Wisata Air Terjun Paling Indah di Indonesia

Air Terjun Dua Warna Sumatera Utara Wisata Air Terjun Paling Indah di Indonesia » Ini Dia 13 Wisata Air Terjun Paling Indah di Indonesia

13 Wisata Air Terjun Paling Indah di Indonesia – Berwisata alam di Indonesia itu tidak harus melulu ke pantai cantiknya atau ke gunung megahnya. Berwisata ke air terjun juga sangat seru untuk dijelajah. Banyak daftar wisata air terjun yang indah di Indonesia. Letaknya yang terkadang di tengah hutan pun tak menghalangi pencinta wisata air terjun untuk mengunjunginya.

Nah, bagi Anda yang ingin berwisata ke air terjun yang terkenal indah di Indonesia, pastikan untuk terlebih dahulu mengetahui dan memilih lokasi yang benar-benar tepat. Dimana saja tempatnya? Lanjutkan membaca ya.

Daftar Wisata Air Terjun Paling Indah di Indonesia

  1. Air Terjun Mursala, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara

Air Terjun Mursala bisa menjadi pilihan destinasi wisata air terjun Anda yang pertama. Keistimewaan air terjun setinggi sekitar 35 meter satu ini adalah airnya yang terjunnya air langsung ke lautan lepas. Jadi, wisatawan yang ingin menikmati kesegaran guyuran air terjun ini hanya dapat langsung berendam di perairan di bawahnya. Seru bukan?

Karena letaknya yang berada di perairan laut, untuk mencapai air terjun antimainstream ini wisatawan bisa menyewa kapal yang disediakan penduduk dekat sana. Tak hanya dimanjakan pemandangan air terjunnya yang langka, di perairan Kepulauan Murasala ini wisatawan juga dimanjakan dengan  berbagai macam terumbu karang, ikan hias cantik dan beragam biota laut lainnya.

Air Terjun Mursala Wisata Air Terjun Paling Indah di Indonesia » Ini Dia 13 Wisata Air Terjun Paling Indah di Indonesia

Air terjun unik seperti ini hanya ada beberapa di dunia dan Indonesia sendiri memiliki 2 air terjun seperti itu, air terjun satunya lagi bernama Air Terjun Kahatola yang berada di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

  1. Air Terjun Coban Rondo, Malang

Pesona elok dari Air Terjun Coban Rondo dapat Anda nikmati di kawasan Desa pandesari, Kecamatan Pujon, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Air terjun setinggi 84 meter yang berada di dataran tinggi 1.131 mdpl ini sudah lama populer di Malang. Air terjun Coban Rondo menawarkan panorama yang sungguh “aduhai”. Panorama dikawasan air terjun benar-benar masih asri dan terjaga dengan baik, udaranya juga sangat sejuk, tempat wisata ini cocok untuk melepas penat akan rutinitas harian.

  1. Air Terjun Sigura-gura

Air Terjun Sigura-gura yang berlokasi di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara juga sangat menarik untuk dikunjungi. Tingginya mencapai 250 meter menjadikannya sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Panorama air terjun Sigura-gura sangat sayang untuk dilewatkan, dilihat jauh saja air terjun andalan Sumatera Utara ini sudah terlihat gagah, apalagi dari dekat dijamin Anda akan merasa bangga telah mengunjunginya.

  1. Air Terjun Dua Warna, Sumatera Utara

Sesuai namanya, salah satu wisata air terjun paling indah di Indonesia satu ini memiliki gradasi dua warna yang berbeda, yakni biru muda dan putih bening. Mengesankan bukan? Air terjun ciamik ini dapat Anda temui di Desa Durin Sirigun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Air Terjun Dua Warna Sumatera Utara Wisata Air Terjun Paling Indah di Indonesia » Ini Dia 13 Wisata Air Terjun Paling Indah di Indonesia

Lelah memang untuk menuju titik air terjun Dua Warna yang letaknya di dataran tinggi 1.270 mdpl ini, rute agak menanjak dan menembus hutan rimbun yang jarang terjamah harus Anda lewati. Tapi tenang, pelan tapi pasti Air Terjun Dua Warna yang sangat indah mengagumkan tetap akan Anda jumpai kok.

  1. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura termasuk wisata alam terbaik yang ada di Jawa Timur. Suguhan pesona alam luar biasa indah yang ditawarkan Air terjun setinggi 200 meter ini mampu menggait banyak wisatawan dari berbagai penjuru untuk mengunjunginya. Nuansa alam yang begitu elok, tebing-tebing di sekelilingnya, udara sejuk dan airnya yang jernih dingin menyegarkan begitu memanjakan wisatawan yang bertandang.

Untuk menikmati pesona air terjun cantik ini, Anda langsung saja datang ke Dusun Branggah, Desa Negororejo, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur.

  1. Sri Gethuk, Yogyakarta

Air terjun terindah di Indonesia selanjutnya berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Keunikan dari Air Terjun Sri Gethuk ini adalah aliran air terjunnya yang bercabang pada dua celah tebing. Segala keindahan dari Air Terjun Sri gethuk ini tak jarang membuat wisatawan tergila-gila untuk kembali mengunjunginya.

  1. Air Terjun Pantai Jogan, Yogyakarta

Lokasinya yang berada di bibir laut membuat air terjun satu ini terlihat sangat eksotis. Pemandangan perairan laut pantai Jogan yang didampingi aliran air terjun di bibir lautnya mampu menyegarkan pikiran dan mata. Nuansa langka ini bisa Anda kunjungi dengan hanya menyisihkan waktu tempuh perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota Jogja.

  1. Air Terjun Sendang Gile, Lombok

Air terjun yang menyuguhkan suasana sejuk dan keindahan memukau satu ini berada di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Rinjani, NTB. Ketinggian Air sendang Gile mencapai 31 meter, dan ciri khasnya adalah terdapat 2 tingkatan air terjun. Kedua tingkatan air terjun tersebut sama-sama indah, di tingkatan pertama air meluncur jatuh dari tebing, dan tingkatan kedua merupakan tersusan air tingkatan pertama yang mengalir ke kolam air di dasarnya.

  1. Air terjun Moramo, Sulawesi Tenggara

Sedikit berbeda dari kebanyakan air terjun indah lainnya, Air Terjun Moramo yang ada di Sulawesi Tenggara ini memiliki tingkatan dengan ketinggian 100 meter dengan 7 undakan besar dan sisanya lagi undakan kecil di berbagai sisi-sisinya. Keindahan air terjunnya ini ditambah dengan adanya batu marmer yang besar yang di kawasan air terjun Maromo.

  1. Air Terjun Coban Sewu

Keindahan air terjun ini sudah mulai tersohor di kalangan wisatawan. Lokasinya berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Airnya yang jernih akan menyegarkan jiwa dan suasananya yang asri dapat menyegarkan pikiran Anda.

  1. Air Terjun Nglirip

Anda dapat menemukan air terjun Nglirip di Kota Tuban, Jawa Timur. Sesampainya di air terjun, Anda akan menemukan kolam yang dapat digunakan berenang atau pun sekedar berendam.

  1. Air Terjun Lembah Harau, Sumatera Barat

Air terjun Lembah Harau tidak diragukan lagi akan keindahannya. Air terjun cantik dengan air bersihnya yang masih terlihat jernih, membuat suasan begitu sejuk dan menyegarkan.

  1. Air Terjun Curug Citambur, Cianjur

Air terjun di Cianjur yang tingginya mencapai 40 meter ini berlokasi di Desa Bremi, Kecamatn Krucil. Air terjun Curug Citambur ini tak kalah indah dari air terjun sebelumnya. Airnya yang jernih dan suasana asri di sekitar air terjun begitu asyik dijadikan tempat wisata berlibur.

 

Itulah 13 wisata air terjun paling indah di Indonesia. Yuk segera tentukan wisata air terjun mana yang akan Anda singgahi terlebih dahulu.