Objek Wisata Pantai Tanjung Bira, Surga Tersembunyi di Sulawesi Selatan

  • Whatsapp

Melepas penat dengan melakukan kegiatan traveling sepertinya adalah kegiatan yang mulai disukai banyak orang. Salah satu tujuan traveling yang tiada matinya adalah menuju pantai. Apalagi pantai Tanjung Bira di Sulawesi Selatan yang tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Sayangnya masih belum banyak orang yang mengetahui tentang hal ini.

Hal tersebut bukan semata untuk sekedar menghabiskan waktu tapi juga bisa melihat langsung keindahan pantai yang seringkali memberikan pengalaman tak terlupakan. Tentunya sebelum memantapkan hati mendatangi tempat wisata ini, ada baiknya untuk mengetahui beberapa fakta tentang pantai Tanjung Bira berikut ini.

Read More

Keistimewaan Panorama pantai Tanjung Bira

Setiap tempat wisata pasti punya keistimewaan masing-masing yang layak untuk dinikmati oleh setiap pengunjungnya. Sama halnya dengan Pantai Tanjung Bira. Keistimewaan yang ada di dalamnya mampu memberikan pengalaman liburan di alam yang tak terlupakan.

Secara administratif Pantai Tanjug Bira terletak di daerah Sulawesi Selatan, yakni di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Jaraknya sekitar 200 km dari pusat kota Makassar.

Terletak di ujung selatan darat Sulawesi Selatan. Tanjung Bira bisa dikatakn sebagai “senjata” oleh masyarakat sekitar untuk menggaet wisatawan lokal maupun asing untuk datang mengunjunginya.  Tanjung Bira tentu saja menawarkan panorama alamnya yang sungguh indah,  Airnya masih jernih dan di dalamnya tersedia pula pemandangan kekayaan biota laut yang mengagumkan. Selain itu, tentu saja juga keindahan pemandangan di pagi hari dan senja hari yang tiada duanya. Pemandangan sunrise dan sunset di Pantai Tanjung Bira sulit tertandingi di Bulukumba, bahkan nyaris tak tertandingi di Sulawesi Selatan. Alasannya adalah karena laut di Tanjung Bira mengarah ke laut lepas sehingga pemandangan tidak terhalang oleh apapun.

Oh iya ciri khas dari Tanjung Bira juga terletak pada pasir putihnya yang terkenal sangat halus, pasirnya begitu lembut di kaki. Jajaran pohon kelapa serta bukit karang juga turun menymbang keindahan untuk Pantai Tanjung Bira ini Suasananya begitu sejuk dan tenang sehingga cocok menjadi destinasi wisata yang benar-benar menenagkan.

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan wisatawan di Tanjung Bira, mulai dari berenang, snorkeling, diving atau hanya sekedar berjemur menikmati segarnya semilir angin dan berpetualang wisata kuliner. Karena dekat pantai kuliner di tempat wisata ini tidak jauh dari menu ikan dan seafood. Makanan khas tradisional Makassar dapat dengan mudah Anda jumpai di sini. Harganya mahal nda? Jangan khawatir, harganya cukup terjangkau kok.

Akses dan Transportasi Menuju Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira berjarak sekitar 40 Km dari Bulukumba, dan sekitar 200 Km dari pusat ibukota Makassar. Alat transportasi untuk menuju lokasi bisa menaiki kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika Anda memutuskan menaiki angkutan umum travel, untuk sampai di kota Bulukumba Anda dikenakan tarif Rp40.000 per orang. Setelah sampai di Bulukumba, perjalan menuju Tanjung Bira kembali dilanjutkan. Untuk mencapainya Anda bisa menumpangi mikrolet (pete-pete), biaya yang akan Anda keluarkan lagi hanya Rp15.000 per orang.

Transportasi alternatif lain. Jika Anda dari bandara, Anda bisa menumpangi bis damri menuju ke lapangan Karebosi yang dilanjutkan lagi menaiki angkutan khas daerah mikrolet atau pete-pete menuju terminal Malengkeri. Sesampiany di Malengkari, Anda bisa menggunakan bis atau travel menuju Tanjung Bira. Jika menaiki bis biaya yang dikeluarkan Rp75.000 per orang.

Jarak tempuh dari Bulukumba ke Tanjung Bira hanya menghabiskan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam paling lama. Total waktu tempuh jika dari makasar menuju titik lokasi Pantai Tanjung Bira maksimal 6 jam dan paling cepat 4 jam. Sebenarnya lebih disarankan untuk menggunakan pribadi atau rental agar perjalanan lebih fleksibel. Passalnya di sepanjang perjalanan panorama indah juga sering dijumpai, dengan naik kendaraan pribadi Anda dapat sesuka hati untuk berhenti hanya sekedar beristirahat atau menikmati pemandanagn di sisi jalan tersebut.

Jam Operasioanal dan Harga Tiket Pantai tanjung Bira

Objek wisata Pantai Tanjung Bira buka setiap hari. Unruk bisa menikmati segala keindahan di dalamnya, pengunjung tidak perlu banyak-banyak mengeluarkan unag dalam dompet. Biayanya cukup terjangkau, hanya Rp10.000 per orang untuk wisatawan lokal, dan Rp20.000 untuk wisatawan asing.

Fasilitas di Pantai Tanjung Bira

Fasilitas di pantai ini cukup membuat nyaman pengunjung yang datang. Fasilitas yang ada di tempat wisata ini mulai dari penyedian jasa perlengkapan menyelam,penyewaan motor, pelabuhan kapal fery, warung makan, kamar mandi, toilet yang memadai dan tentunya penginapan untuk bermalam. Penginapan yang tersedia mulai dari villa, hotel dan bungalow. Harga menginap per malamnya relatif murah dengan didukung dengan rumah makan ataupun restorannya.

Tips Berwisata di Pantai Tanjung Bira

  • Jangan lupa, buang sampah pada tempatnya. Pantai tanjung Birasebagai destinasi wisata yang masih terjaga kealamiannya, hendaknya tidak dicemari dengan sampah yang Anda bawa. Pastikan Anda ikut menjaga kebersihan dan kelestarian pantai cantik ini.
  • Ajak keluarga, teman, sahabat untuk berwisata di sini. Tempat wisata seindah pantai satu ini akan lebih seru dan menyenangkan jika menunjunginya bersama orang terdekat.
  • Sama halnya dengan tempat wisata Pulau Maratua, bentangan surga Kalimantan Timur yang mngesankan. Ketika berwisata di Pantai Tanjung Bira ini juga agar Anda memanfaatkan waktu Anda sebaik mungkin. Tempat wisata ciamik di Sul-sel ini, saking cantiknyabisa membuat waktu wisata Anda terasa sangat cepat berjalan karena terlalu seru menikmatinya. Jadi, sembari menikmati panorama dengan segala aktivitas menyenangkan di sana. Sebaiknya abadikan moment-moment indah itu agar ada kenangannya.

 

Keindahan panorama pantai di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) dapat dinikmati saat berlibur melepas penat. Kesegaran suasana pantai Tanjung Bira memang menyejukkan dan dapat dijadikan destinasi utama liburan Anda. Pulau Sulawesi kental akan panorama pantainya yang menakjubkan. Destinasi wisata Pantai Tanjung Bira itu adalah bukti nyata keelokannya.

Related posts