Wisata Pulau Maratua, Bentangan Surga Kalimantan Timur yang Mengesankan

  • Whatsapp

Saat berkunjung ke Kalimantan Timur, jangan lewatkan eksotisme Pulau Maratua. Objek wisata alam di Kalimantan Timur ini menawarkan segenap keelokan panorama nan mengagumkan.

Pulau maratua adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang terkenal di kawasan Berau, Kalimantan Timur (Kaltim). Bersama 31 pulau lainnya, Pulau Maratua ini termasuk dalam gugusan Kepulauan Derawan yang luasnya sekitar 774,2 hektar dan yang langsung berbatasan langsung dengan Malaysia, Sulawesi Utara dan Philipina.

Read More

Daya Tarik Pulau Maratua

Wisata alam di Kalimantan Timur sangat banyak dan menarik. Akan tetapi, Pulau Maratua punya keelokan tersediri yang seakan tak ada habisnya. kelengkapan keindahan beserta kenikmatan fasilitas kuliner merupakan daya tarik yang besar sebagai alasan kuat untuk melakukan kegiatan wisata ataupun sekadar bersantai di pulau ini.

Anda bisa menikmati wisata alam “bentangan surga Kalimantan Timur yang Mengesankan” ini, terlebih ketika sunrise dan sunset. Moment matahari terbit maupun tenggelam di kepulauan tersebut sama-sama menakjubkan.

Pada siang hari, Anda bisa menikmati angin sepoi bersama debur ombak yang menyapa bibir pantai. Keindahan saat malam hari juga bisa dinikmati sambil menyantap hidangan kuliner khas daerah.

Lebih istemewa lagi, Pulau Maratua ini juga menyediakan resort di atas air dengan kamar yang memiliki akses langsung ke laut layaknya resort di pulau Maldive di Republik Maladewa. Menjajal penginapan di atas air ini tentu akan menjadi pengalaman berwisata yang menyenangkan. Suasana di Pulau Maratua masih relatif tenang, cocok bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran dan menjauh sejanak dari kebisingan di perkotaan.

Pantai dengan segala keindahannya ini ternyata punya spot foto yang banyak dan beragam lho. Kegiatan berfoto ria tentu sangat menyenangkan untuk dilakukan, Anda bisa mengambil potret kenangan berlatar belakang alam pesisir yang indah dan menawan. Selain berfoto dan menikmati pemandangan beserta wisata kuliner, Anda bisa bermain air dan berenang di pantai yang masih terjaga kebersihannya ini.

Tak hanya itu, Anda tentunya juga bisa bermain pasir sperti di pantai pada umumnya.  Menyusur tepi pantai yang pasirnya lembut di kaki, membentuk aneka istana pasir, atau hanya sekedar menuliskan nama seseorang lalu mempotretnya. Warna pasir putihnya membuat beragam bentuk tersebut tampak lebih menarik. Kegiatan ini sangat mengasyikkan dan akan menjadi kenangan yang mengesankan.

Para pecinta dunia snorkeling Anda juga akan sangat dimanjakan menyelam di perariaran kepualauan satu ini, tak perlu jauh-jauh mencari spot snorekiling. Dari depan cottage Maratua saja, tinggal beberapa langkah Anda sudah bisa melakukan snorkeling dengan puas.

Satu lagi yang tak boleh dilewatkan saat berwisata di Pulau Maratua adalah pengunjung bisa menikmati wisata budaya, yakni mengenal langsung masyarakat suku Bajo penduduk asli Pulau maratua yang terkenal dengan keahlian melautnya. Suku Bajo terkenal sangat ramah, dan itupun menjadi daya tarik tambah untuk para wisatawan mengunjungi tempat wisata andalan kota sisi Timur Kalimantan ini.

Dengan segenap keindahannya yang dimiliki Pulau Maratua, pantai ini tak pernah sepi pengunjung. Selalu ada saja yang tertarik dengan pesona alaminya. Bahkan sekelas pangeran William putra pangeran Charles bersama sang istri dari kerajaan Inggris pun sudah menyempatkan berwisata ke Pulau Maratua ini untuk menikmati pesona keindahan memukau dari pulau ini.

Sepertinya, keindahan lautan dan pemandangan Pulau Maratua ini sudah tidak dapat diragukan lagi ya. Anda ingin membuktikannya? Datang saja langsung ke Pulau Maratua di Kalimantan Timur ini.

Akses Menuju Pulau Maratua

Seiring semakin meningkatnya wisatawan yang berkunjung, Pulau Maratua ini sudah semakin mudah untuk dijangkau. Walaupun letak Maratua berada di pulau terluar Indonesia, transportasi yang siap mengantarkan perjalan wisata Anda ke Pulau Maratua sudah mulai banyak tersedia.

Fasilitas Pulau Maratua

Pantai Maratua tak hanya terkenal dengan pesona alaminya yang memikat, namun juga fasilitasnya yang semakin lengkap dan memadai. Fasilitas ini mampu memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung.

  • Tersedia alat transfortasi memadai
  • Berwisata di Pulau secantik Pulau Maratua tentu tidak cukup hanya 1 hari. Nah, untuk Anda yang memutuskan bermlam di kepulauan ini. Anda bisa menyewa resort atau cotagge yang telah disediakan.
  • Jangan takut kelaparan saat berwisata, selain sudah termasuk dalam satu paket penginapan. Rumah Wisata kuliner khusus juga sudah ada di sana untuk memanjakan lidah Anda.
  • Sebagai kenang-kenanagan atau sebagai oleh-oleh untuk anggota keluarga atau teman yang tidak ikut berwisata ke pulau ini. sebaiknya belikan mereka sovener/ cindera mata khas Pulau Maratua yang dapat dengan mudah dijumpai di sana.

Tips Wisata di Pulau Maratua

  • Perjalanan wisata yang aman nyaman dan menyenangkan tentu jadi harapan setiap wisatawan, termasuk Anda bukan? Nah, sebagai saran. Sebaiknya untuk membawa bekal makanan dan minuman sebagai asupan saat berada di perjalanan. Selain itu, karena Pulau Maratua terkenal sebagai paket wisata yang lumayan mahal, susunlah anggaran belanja agar budget Anda tidak terkuras banyak.
  • Ketika berwisata di sana, manfaatkan waktu Anda sebaik mungkin. Tempat wisata secantik Pulau Maratua bisa membuat waktu Anda terasa sangat ceapt berjalan. Jangan sampai Anda tidak sempat mengabadikan moment-moment indah di sana. Keindahan yang nyata bisa Anda rekam dan abadikan lewat potretan kamera ataupun domumentasi video untuk momen-momen indah tersebut.
  • Seperti yang sudah kita ketahui, Pulau Maratua merupakan sebuah pulau yang masih sangat alami dan bersih terjaga. Diharapkan ketika kunjungan Anda di sana untuk tidak membuang sampah sembarangan ataupun melakukan tindakan yang dapat mencemari keindahannya.

Itulah review singkat Pulau Maratua, bentangan surga Kalimantan Timur yang mengesankan. Putra dari pangeran Inggris saja sudah merasakan sensasi berlibur di Pulau Maratua.  Untuk kita semua warga Indonesia, apa kabar? Sudahkah kita menengok tempat wisata cantik ini? jika belum, segera persiapkan segala keperluannya untuk megunjunginya. Happy travelling!

Related posts