7 Makanan Sumber Energi yang Membuat Kita Kenyang Lebih Lama

  • Whatsapp

7 Makanan Sumber Energi yang Membuat Kita Kenyang Lebih Lama – Pernahkah Anda merasa lapar padahal belum lama Anda selesai makan? Jika iya, mungkin makanan yang Anda konsumsi tidak mampu  memberikan rasa kenyang lebih lama karena kandungan zat nya tidak mampu memberikan sumber energi yang cukup bagi Anda untuk beraktivitas sehari-hari.

Beberapa makanan dapat memicu rasa lapar lebih cepat namun ada juga beberapa makanan yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

Read More

Timbulnya rasa lapar yang terlalu cepat dan sering, membuat kita terpaksa makan terlalu banyak dan dalam waktu yang sering. Hal tersebut tentunya dapat berakibat pada kenaikan berat badan.

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, tentunya hal ini merupakan hal buruk yang harus dihindari. Untuk itu Anda harus pintar memilih makanan yang tepat yang mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan memiliki gizi yang baik tentuya.

Pilihlah makanan yang mengandung serat dan protein lebih banyak agar mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Lalu makanan apa saja yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama?

Berikut ini beberapa makanan yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama agar berat badan tidak semakin bertambah.

Kedelai

Kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang banyak digunakan sebagai asupan yang baik bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.

Kedelai memang salah satu jenis kacang yang mengandung protein yang cukup tinggi. Kandungan protein nya yang cukup tinggi tersebut menjadikan kedelai sebagai salah satu makanan yang mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama. Dengan mengkonsumsi kedelai, perut Anda akan terasa kenyang lebih lama dan mencegah Anda untuk tidak mengkonsumsi makanan lain lebih banyak khususnya cemilan yang kandungan karbohidratnya tinggi.

Selain kandungan protein nya yang tinggi, manfaat lain dari mengkonsumsi kedelai yaitu dapat menjaga kestabilan gula darah, kolesterol serta mampu menurunkan berat badan karena kandungan zat nya yang rendah lemak dan rendah kalori.

Apel

Makanan berikutnya yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama yaitu apel. Apel merupakan buah-buahan yang mengandung serat cukup tinggi yang baik untuk melancarkan pencernaan serta memberikan rasa kenyang lebih lama. Dengan mengkonsumsi buah Apel dapat menurunkan berat badan karena dapat mencegah rasa lapar yang menjadi penyebab banyak makan yang berakibat pada kegemukan.

Alpukat

Alpuket  merupakan salah satu buah yang sering dijadikan jus atau minuman. Buah ini selain memiliki rasa yang nikmat dan ringan di mulut ternyata mengandung serat yang begitu tinggi yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga cocok dijadikan asupan makanan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Selain mengandung serat yang tinggi, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan.

Salmon

Makanan yang memberikan rasa kenyang lebih lama berikutnya yaitu salmon. Salmon merupakan salah satu jenis ikanyang banyak digemari orang. Selain dagingnya yang nikmat juga memiliki kandungan zat yang baik untuk kesehatan. Ikan Salmon mengandung protein dan omega 3 yang sangat tinggi yang berfungsi untuk mencerdaskan otak serta  memberikan rasa kenyang lebih lama. Mengkonsumsi salmon ini bisa menurunkan berat badan. Namun usahakan untuk mengimbanginya dengan menambah sayuran saat mengkonsumsi salmon agar meningkatkan manfaatnya yang baik untuk kesehatan.

Telur

Selain Salmon, salah satu makanan yang mambu memberikan rasa kenyang lebih lama berikutnya yaitu telur. Mereka yang sedang menjalankan program diet sering menjadikan telur sebagai menu utama saat sarapan agar perut terasa kenyang lebih lama. Kandungan proteinnya yang tinggi selain baik bagi otak juga mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Namun perlu diperhatikan, bagi Anda yang memiliki alergi telur sebaiknya hindari untuk tidak mengkonsumsi telur terlalu banyak karena akan berdampak pada alergi seperti gatal-gatal bahkan bentol-bentol.

Sayuran

Sayuran merupakan salah satu asupan makanan yang baik untuk kesehatan. Selain memiliki serat yang cukup tinggi untuk melancarkan pencernaan, sayuran yang mengandung serat tinggi dan air memberikan rasa kenyang yang lama yang baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.

Beberapa sayuran yang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan yaitu brokoli, bayam, kubis, seledri, wortel dan masih banyak lagi. Kandungan kalori nya yang rendah sangat baik untuk dijadikan makanan yang baik untuk menurunkan berat badan serta membantu kita tetap fit dalam kegiatan rutinitas hidup.

Related posts