Inilah 3 Tempat Wisata Unik dan Paling Hits di Aceh

tugu nol km sabang aceh 677x312 » Inilah 3 Tempat Wisata Unik dan Paling Hits di Aceh

Aceh memang sempat menyimpan luka saat Tsunami datang sekitar 13 tahun 3 bulan-an lalu. Waktu yang cukup lama sampai akhirnya bangkit kembali, termasuk tempat wisata unik dan paling hits sampai bersileweran di jejaring media sosial. Simak 3 destinasi wisata paling recommended untuk Anda kunjungi saat berada di kota dengan julukan Serambi Mekkah ini.

  1. Museum Tsunami

Sesuai namanya, tempat wisata pertama yang paling unik dan hits di Aceh adalah museum yang khusus menyajikan barang, foto, serta suasana berhubungan tsunami yang melanda kota Serambi Mekkah pada tahun 2004 yang lalu. Anda bisa menyaksikan lorong tsunami dan cerobong, ruang kenangan, serta jembatan harapan.

Uniknya, tempat wisata rancangan Walikota Bandung, yaitu Ridwan Kamil ini juga bisa dijadikan tempat evakuasi bencana. Jadi, museum ini memiliki fungsi ganda, yaitu tujuan wisata umum, studi tur, dan tempat aman saat terjadi bencana.

  1. Tugu 0 Km

Tempat wisata unik berikutnya yang tidak kalah hits adalah Tugu Nol Kilometer (Tugu 0 Km) yang tingginya 22,5 meter dan terletak di Kota Sabang. Bentuknya lingkaran berjeruji dengan puncaknya terdapat burung garuda yang sedang menggenggam angka nol. Tugu ini merupakan lambang perbatasan negara Indonesia yang jaraknya hanya 55 menit dari Sabang.

tugu nol km sabang aceh » Inilah 3 Tempat Wisata Unik dan Paling Hits di Aceh

Uniknya, Anda akan memperoleh sertifikat yang menjadi bukti kunjungan Anda ke sini. Tugu perbatasan yang sama bisa Anda temukan di bagian paling timur Indonesia, yaitu Merauke. Keberadaan tugu ini juga bukan sekadar ikon, tapi batas antara Merauke yang menjadi bagian Indonesia dengan Papua New Guinea (PNG).

  1. Ujung Nunang

Hampir semua masyarakat Aceh tahu tempat wisata yang menjadi favorit para backpacker. Ujung Nunang ini terletak di kabupaten Aceh Jaya dan Anda bisa menikmati pemandangan laut dari atasnya. Tempat yang sangat cocok jika Anda ingin menyaksikan sunset.

Apa yang unik dari tempat ini? Anda bisa berfoto dengan monyet yang banyak berkeliaran di Ujung Nunang. Tentu saja monyet-monyet ini tidak diikat seperti yang biasa Anda lihat di Ronggeng Monyet. Karena, monyet-monyet ini sudah terbiasa berbaur dengan manusia dan cukup jinak untuk Anda ajak berfoto.

Masih banyak tempat wisata unik dan paling hits lainnya yang bisa Anda temukan di Aceh. Dengan mengunjungi tempat-tempat ini, Anda pun turut berkontribusi dalam perkembangan pariwisata di Aceh. Selain itu, nilai plus lainnya selama berlibur di sini, sejenak Anda bisa melupakan beban pekerjaan yang terkadang menjadi rutinitas harian membosankan.