Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp

Buah pisang merupakan salah satu buah yang mudah dijumpai khususnya di Indonesia. Buah pisang memiliki banyak sekali jenis. Setiap jenis pisang tentunya memiliki rasa yang berbeda dan bervariasi. Rasanya yang nikmat membuat buah pisang banyak digunakan diberbagai olahan makanan. Banyak makanan yang menggunakan bahan dasar pisang seperti kolak pisang, es pisang ijo, kue mata sapi, jus buah pisang, goreng pisang dan masih banyak lagi. Tidak hanya nikmat buah yang berwarna kuning ini juga ternyata memiliki kandungan gizi yang berlimpah. Tidak heran buah yang satu ini banyak dijadikan asupan makanan bergizi atau obat alami untuk mengatasi masalah kesehatan. Apa saja manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh? Berikut ini beberapa manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh.

  1. Baik Untuk Kesehatan Mata

Siapa sangka buah pisang ternyata memiliki kandungan Vitamin A dua kali lipat dari buah apel. Kandungan Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi buah pisang dapat meningkatkan penglihatan Anda serta mengatasi masalah yang terjadi pada penglihatan.

Read More

  1. Sebagai Sumber energi bagi Tubuh

Buah pisang merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk pengganti makanan pokok. Buah pisang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi sehingga buah pisang baik dikonsumsi untuk makanan sehari-hari. Kandungan karbohidrat yang terdapat pada buah pisang akan diolah menjadi glukosa dan diolah di dalam tubuh menjadi energi.

  1. Menurunkan berat badan

Manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh yang ketiga yaitu dapat menurunkan berat badan. Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, buah pisang merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Selain dapat mengenyangkan perut lebih lama karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, buah pisang juga rendah kalori sehingga baik untuk menurunkan berat badan.

  1. Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat meningkatkan kesehatan otak. Buah pisang memiliki kandungan protein dan kalsium dimna kedua zat ini berfungsi untuk menutrisi otak dan meningkatkan kesehatan otak.

  1. Mengobati jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah umum yang menjamur di masyarakat Indonesia. Cuaca tropis di Indonesia menjadi salah satu penyebab umum yang membuat kebanyakan masyarakat Indonesia mengalami jerawatan. Nah, untuk mengatasi dan mengobati jerawat, Anda bisa menggunakan buah pisang sebagai obat alami untuk atasi jerawat. Buah pisang ini bisa Anda jadikan masker jerawat.

  1. Menghaluskan kulit wajah

Selain dapat mengobai jerawat, manfaat buah pisang lainnya yaitu dapat menghaluskan kulit wajah. Cara menghaluskan wajah dengan menggunakan pisang yaitu dengan membuatnya sebagai masker wajah sama halnya seperti cara mengobati jerawat menggunakan buah pisang. Haluskan daging buah pisang, jangan lupa tambahkan madu lalu aplikasikan ke seleuruh bagian wajah.

  1. Mengatasi diabetes

Manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh yang ketujuh yaitu  dapat mengatasi diabetes. Buah pisang memiliki kandungan zat yang mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Tidak hanya itu, buah pisang  juga rendah gula sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

  1. Mengobati sakit maag

Anda menderita sakit maag? Buah pisang solusi alami hadapi penyakit maag. Saat asam lambung naik, bagi penderita maag pasti akan merasakan nyeri dan sakit dibagian ulu hati atau pun lambung. Salah satu cara mengatasi maag yang kambuh yaitu dengan mengkonsumsi buah pisang. Kandungan zat yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk menurunkan asam lambung yang berlebih yang menjadi penyebab kumatnya penyakit maag.

  1. Mengatasi anemia

Selain dapat mengobati sakit maag, manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mengatasi anemia. Buah pisang memiliki kandungan zat besi dimana zat besi memiliki fungsi salah satunya yaitu dapat mengatasi masalah anemia. Dengan mengkonsumsi buah pisang dapat mengurangi resiko penyakit anemia. Bagi penderita anemia, buah pisang ini disarankan untuk dikonsumsi secara rutin.

  1. Menjaga Kesehatan tulang

Manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh yang kesepuluh yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Buah pisang memiliki kandungan kalsium. Kandungan kalsium yang terdapat pada buah pisang ini berfungsi baik untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Dengan mengkonsumsi buah pisang dapat meningkatkan kesehatan tulang Anda.

  1. Mencegah penyakit jantung

Buah pisang tidak hanya memiliki rasa yang nikmat, buah pisang juga memiliki manfaat yang baik untuk mencegah penyakit jantung. Buah pisang rendahh kalori sehingga tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan tapi juga aman untuk kesehatan jantung Anda. Karena salah satu penyebab penyakit jantung yaitu banyaknya kalori atau kolesterol dalam tubuh.

  1. Memperlancar sistem pencernaan

Manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat yang sangat tinggi pada buah pisang membuat buah pisang baik dikonsumsi untuk melancarkan siste pencernaan. Bagi Anda yang mengalami masalah pencernaan, buah pisang menjadi salah satu obat alami untuk mengatasi masalah pencernaan tersebut.

  1. Melancarkan peredaran darah

Tidak hanya melancarkan sistem pencernaan, buah pisang juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh lainnya yaitu seperti dapat melancarkan peredaran darah. Buah pisang mengandung kalium dan potasium dimana kedua zat ini berfungsi untuk membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Related posts