Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp

Buah semangka merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan air yang cukup banyak. Buah yang satu ini begitu segar saat dikonsumsi di siang hari. Selain memiliki rasa yang manis, buah semangka sering sekali dijadikan buah untuk cuci mulut ataupun pembuka saat sebelum mengkonsumsi makanan utama. Buah yang memiliki daging berwarna merah menggoda ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh.

  1. Mencegah Asma

Manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh yang pertama yaitu dapat mencegah penyakit asma.  Buah semangka memiliki kandungan gizi yang berfungsi untuk mengatasi masalah penapasan seperti penyakit asma. Dengan mengkonsumsi buah semangka dapat menjaga kesehatan sistem pernapasan dan mencegah penyakit asma.

Read More

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh yang berikutnya yaitu dapat menurunkan tekanan darah. Buah semangka baik dikonsumsi untuk mengatasi masalah hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi. Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah semangka ini mampu menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah semangka dapat mencegah dan mengatasi penyakit hipertensi

  1. Mencegah Penyakit  Kanker

Manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh yaitu dapat mencegah penyakit kanker. Buah semangka memiliki kandungan likopen dan zat antioksidan yang mampu menghambat pertumbuhan senyawa yang menyebabkan timbulnya penyakit kanker. Dengan mengkonsumsi buah semangka dapat menurunkan resiko penyakin kanker.

  1. Mengatasi Sembelit

Selain dapat mencegah penyakit kanker, manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mengatasi sembelit. Buah semangka mengandung serat yang cukup tinggi yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan sehingga mampu mengatasi penyakit sembelit.

  1. Mencegah dan mengatasi Dehidrasi

Selain kelapa hijau, buah semangka merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat untuk mencegah dehidrasi. Buah semangka memiliki kandungan air dan elektrolit yang cukup tinggi sehingga buah semangka baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi. Dengan mengkonsumsi buah semangka dapat mencegah dan mengatasi dehidrasi.

  1. Mencegah Peradangan

Manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mencegah peradangan. Buah semangka memiliki kandungan kolin yang memiliki fungsi salah satunya yaitu dapat mencegah peradangan. Jika Anda mengalami peradangan, buah semangka bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi masalah peradangan.

  1. Membuat Kulit Halus dan Lembut

Siapa orangnya yang tidak ingin memiliki kulit yang halus dan lembut. Namun banyak hal yang membuat kulit menjadi kasar baik karena rutinitas maupun karena pola makan. Nah, jika Anda ingin memiliki kulit yang halus dan lembut buah semangka bisa menjadi asupan makanan dan gizi yang baik untuk membantu membuat kulit Anda menjadi halus dan lembut.

  1. Mengatasi Nyeri Otot

Anda sering mengalami rasa nyeri dibagian otot? Buah semangka bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi masalah nyeri otot. Buah semangka memiliki kandungan senyawa asam amino yang berfungsi untuk mengatasi masalah nyeri pada otot.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan kulit Anda. Buah semangka memiliki kandungan Vitamin C dan kolagen dimana kedua zat ini memiliki fungsi yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsi buah semangka dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh yang ke sepuluh yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan likopen yang terdapat pada buah semangka tidak hanya baik untuk kulit tai juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi buah semangka dapat memperlancar aliran darah alam tubuh.

  1. Buah untuk Diet

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, buah semangka merupakan salah satu buah yang bak dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Buah semangka memiliki kandungan yang rendah lemak dan kolesterol sehingga aman dikonsumsi bagi mereka yang menjalankan program diet. Buah semangka juga memiliki kandungan asam amino citruline dimana senyawa ini dapat membantu melunturkan lemak dalam tubuh.

  1. Melancarkan Buang Air Kecil

Pernahkah Anda mengalami susah buang air kecil? Susah buang air kecil dapat menyebabkan batu ginjal jika tidak segera ditangani. Salah satu cara mengatasi masalah susah buang air kecil yaitu dengan mengkonsumsi buah semangka. Dengan mengkonsumsi buah semangka dapat melancarkan urin sehingga dapat mengurangi resiko penyakit ginjal atau organ kantung kemih.

Related posts