Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Nangka untuk kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Nangka Bagi kesehatan Tubuh 645x312 » Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Nangka untuk kesehatan Tubuh

Buah nangka merupakan salah satu buah khas Indonesia yang cukup banyak yang menyukai karena rasanya yang nikmat dan manis. Buah yang memiliki daging berwarna kuning ini tidak hanya nikmat saat dimakan secara langsung. Buah nangka juga sering dijadikan olahan makanan yang nikmat seperti es, jus, sop buah, kue, dodol dan masih banyak lagi.

Tidak hanya dagingnya saja, bagian buah nangka yang berwarna putih berserat juga bisa dikonsumsi biasanya dijadikan bahan untuk gudeg atau sayur lodeh. Bahkan biji buah nangka juga bisa dikonsumsi dan memiliki rasa yang begitu gurih.

Dibalik rasanya yang nikmat, buah nangka memiliki kandungan gizi yang cukup banyak yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh.

  1. Mencegah penyakit kanker

Manfaat buah nangka bagi kesehatan tubh yang pertama yaitu dapat mencegah penyakit kanker. Kandungan senyawa flavonoid, isoplafon, lignin dan saponin yang terkandung di dalam buah nangka berfungsi baik untuk mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Dengan mengkonsumsi buah nangka dapat membantu mengurangi resiko penyakit kanker.

  1. Mencegah penyakit anemia

Manfaat buah nagka bagi kesehatan tubuh yang kedua yaitu dapat mencegah penyakit anemia. Penyakit anemia merupakan penyakit yang disebabkan karena tubuh mengalami kekurangan sel darah merah sehingga menyebabkan gejala seperti lesuh, letih, lemah, lunglai dan lemas. Slaah satu cara mencegah penyakit anemia yaitu dengan mengkonsumsi buah nangka. Buah nangka memiliki kandungan zat besi yang berfungsi untuk membantu memproduksi sel darah merah dalam tubuh sehingga tubuh tidak akan kekurangan sel darah merah.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh yang ketiga yaitu dapat melancarkan sistem pencernaan. Buah nangka memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan. Bagi Anda yang mengalami masalah pada pencernaan, buah nangka baik untuk dikonsumsi sebagai obat alami untuk melancarkan sistem pencernaan.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat buah nagka bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Dibalik rasanya yang nikmat buah nangka memiliki kandungan kalsium dan magnesium  yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan mengkonsumsi buah nangka dapat membantu memperkuat tulang sehingga tidak mudah terkena osteoporosis.

  1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh yang kelima yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Selain mengandung magenesium dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, buah nangka juga memiliki kandungan Vitamin A yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan mata. Bagi Anda yang memiliki masalah penglihatan, buah nangka bisa dijadikan salah satu obat alami untuk mencegah dan mengatasi masalah penglihatan.

  1. Menjaga Kesehatan kulit

Manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan kulit. Buah nangka tidak hanya memiliki kandungan Vitamin A tapi juga memiliki kandungan Vitamin E yang berfungsi utnuk menjaga kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsi buah nangka dapat membantu menghaluskan, melembabkan kulit tubuh.

  1. Menjaga metabolisme tubuh

Manfaat Buah Nangka Bagi kesehatan Tubuh » Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Nangka untuk kesehatan Tubuh

Selain dapat menjaga kesehatan kulit, manfaat buah nangka bagi kesehatan tubh berikutnya yaitu dapat menjaga metabolisme tubuh. Saat metabolisme tubuh tidak lancar tentunya akan menyebabkan gangguan pada organ tubuh lainya. Salah satu cara menjaga metabolisme tubuh yaitudengan mengkonsumsi buah nangka. Kandungan zat tembaga yang terdapat pada buah nangka dapat membantu melancarkan metabolisme pada tubuh.

  1. Sumber energi pada tubuh

Tubuh memerluka energi untuk melakukan berbagai aktifitas sehari-hari. Untuk mencukupi kebutuhan energi , tubuh menggunakan sari-sari makanan atau zat yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang kita konsumsi. Salah satu makanan yag baik dikonsumsi sebagai sumberenergi bagi tubuh yaitu buah nangka. Buah nangka memiliki kandungn gula yang cukup. Kandungan gula ini akan diubah menjadi energi di dalam tubuh.

  1. Mencegah penyakit jantung

Manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh yang kesembilan yaitu dapat mencegah penyakit jantung. Selain mengandung magnesium yang baik untuk untuk kesehatan tulang, buah nangka memiliki kandungan kalium yang berfungsi untuk mencegah penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi buah nangka dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

  1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh yaitu dapat menurunkan tekanan darah. Buah nangka memiliki kandungan Vitamin K yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Bagi mereka yang memiliki masalah penyakit hipertensi disarankan untuk mengkonsumsi buah nangka untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

  1. Mengatasi Penyakit  asma

Manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mengatasi penyakit asma. Bagi Anda yang sering mengalami sesak pada bagian dada atau sesak nafas, buah nangka merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk mengatasi penyakit asma.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain dapat mengatasi penyakit asma, manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah nangka mengandung Vitamin C yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh sehingga tubuh akan menjadi senantiasa sehat tidak mudah jatuh sakit.