Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Salak Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan 645x312 » Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Salak Bagi Kesehatan

Salak merupakan buah yang cukup banyak disukai masyarakat khususnya di Indonesia. Buah yang memiliki kulit bersisik berwarna kecoklatan ini memiliki banyak jenis seperti salak pondoh yang terkenal dengan rasa manisnya dan masih banyak jenis buah salak lainnya. Buah salak tidak hanya bisa dinikmati secara langsung, buah salak juga banyak dijadikan manisan ataupun es yang rasanya tidak kalah enak. Dibalik rasanya yang nikmat, masyarakat masih banyak yang belum tahu mengenai manfaat buah salak bagi kesehatan tubuh. Untuk mengetahui kandungan nutrisi serta manfaat buah salak bagi kesehatan tubuh, berikut ini beberapa manfaat buah salak bagi kesehatan tubuh.

  1. Mengatasi Penyakit  Diare

Manfaat buah salak bagi kesehatan tubuh yang pertama yaitu dapat mengatasi penyakit diare. Buah salak memiliki kandungan zat dimana zat ini berfungsi untuk mematikan bakteri penyebab timbulnya penyakit diare. Dengan mengkonsumsi buah salak dapat mengobati penyakit diare secara alami.

  1. Menjaga Kesehatan mata

Manfaat buah salak bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Buah dengan kulit bersisik ini mengandung Vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata Anda. Dengan mengkonsumsi buah salak dapat membantu mempertajam indra penglihatan Anda dan menurunkan resiko penyakit mata.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, buah salak dapat menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi karena salah satu manfaat buah salak bagi kesehatan tubuh yaitu dapat menurunkan berat badan. Selain rendah kalori, buah salak juga dapat membantu menghancurkan kolesterol atau lemak jenuh yang menjadi penyebab kegemukan. Dengan mengkonsumsi buah salak dapat membantu proses penurunan berat badan.

  1. Mencegah penyakit kanker

Manfaat buah salak bagi kesehatan tubuh yang keempat yaitu dapat mencegah penyakit kanker. Buah salak memiliki kandungan senyawa flavonoid yang dapat menghambat timbulnya sel-sel kanker yang menyebabkan penyakit kanker. Dengan mengkonsumsi buah salak dapat membantu mengurangi resiko penyakit kanker.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Selain dapat mencegah penyakit kanker, manfaat buah salak bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Buah salak mengandung Vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh sehingga daya tahan tubuh semakin kuat. Dengan mengkonsumsi buah salak dapat membantu mencegah tubuh dari berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat buah salak bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat melancarkan sistem pencernaan. Buah salak mengandung cukup serat buah dimana nutrisi serat sangat dibutuhkan tubuh untuk untuk melancarkan sistem pencernaan. Bagi Anda yang mengalami susah buang air besar atau pun sembelit, buah salak baik dikonsumsi untuk mengatasi masalah pencernaan tersebut.

  1. Meningkatkan kecerdasan otak

Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan » Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Salak Bagi Kesehatan

Manfaat buah salak bagi kesehatan tubuh yang ketujuh yaitu dapat meningkatkan kecerdasan otak. Buah salak memiliki kandungan potasium yang berfungsi baik untuk meningkatkan sistem saraf termasuk pada otak sehingga kecerdasan otak dapat meningkat.

  1. Baik dikonsumsi bagi ibu hamil

Manfaat buah salak bagi kesehatan yang kedelapan yaitu baik dikonsumsi bagi ibu hamil. Kandungan gizi yang terdapat pada buah salak bermanfaat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada ibu hamil. Tidak hanya itu, beberapa kandungan zat dan Vitamin pada buah salak bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi janin dalam kandungan.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Antioksidan merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan zat antioksidan, Anda bisa mengkonsumsi buah salak karena buah salah memiliki kandungan zat antioksidan. Kandungan zat antioksidan yang terdapat pada buah salak bermanfaat baik untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

  1. Mencegah dan mengatasi anemia

Salah satu manfaat buah salak bagi kesehatan tubuh yaitu dapat mengobati anemia. Buah salak mengandung zat besi dimana kandunganzat besi sendiri memiliki salah satu fungsi untuk membantu memproduksi  sel darah merah dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah salak dapat membantu mencegah dan mengatasi penyakit anemia.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah salak bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mencegah penuaan dini. Kandungan zat antioksidan yang terkandung dalam buah salak selain dapat menangkal radikal bebas juga dapat mencegah timbulnya tanda tanda penuaan dini seperti timbulnya kerutan wajah, kulit kusam dan bintik bintik noda hitam pada wajah.

  1. Menguatkan tulang

Manfaat buah salak berikutnya yang baik bagi kesehatan tubuh yaitu dapat memperkuat tulang. Buah Salak memiliki kandungan kalsium yang bermanfaat baik untuk membantu suplai nutrisi untuk kekuatan tulang sehingga tulang menjadi tidak mudah rapuh, keropos dan bungkuk.