Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh 645x312 » Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa yang tak suka buah kurma, buah yang biasa dijadikan menu utama saat berbuka puasa ini selain memiliki rasa yang begitu nikmat juga memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk nutrisi tubuh. Bagi umat muslim mungkin sudah tahu jika buah kurma menjadi buah favorit yang disukai nabi Muhammad karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jika ditanya rasanya seperti apa, buah kurma memiliki rasa manis yang lezat, tekstur nya yang lembut. Buah kurma memiliki bentuk bulat agak lonjong dengan ukuran yang kecil. Di awal telah disinggung mengenai banyaknya kandungan gizi buah kurma yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Lantas, apa saja manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh? Berikut ini beberapa manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh Anda.

  1. Mencegah penuaan dini

Siapa orangnya yang tak ingin awet muda. Banyak ritual yang dilakukan untuk mendapatkan tubuh dan wajah yang tetap terlihat muda meski usia sudah tak lagi muda. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh.

Dari sekian banyak jenis buah, kurma merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan yang begitu tinggi dimana bagi mereka yang mengkonsumsi buah kurma akan mendapatkan manfaat yakni terlihat awet muda.

Hal ini di dapat karena kandungan antioksidan yang terdpat pada buah kurma bermanfaat baik untuk mencegah berbagai gejala penuaan dini seperti keriput dan lain-lain.

  1. Menambah energi

Bagi mereka yang menjalankan program diet, buah kurma menjadi salah satu asupan makanan yang baik ddikonsumsi. Buah kurma memiliki kandungan gizi yang cukup kompleks yang mampu menambah energi dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi buah kurma saat menjalankan programm diet atau pun saat puas menjadi tubuh tetap kuat dan tetap berenergi.

  1. Mencegah stroke

Salah satu penyakit yang tidak sedikit memakan nyawa para penderitanya yaitu penyakit stroke. Banyak sekali hal yang menjadi penyebab penyakit stroke mulai dari kolesterol tinggi yang menjangkit ke penyakit jantung hingga stroke.

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh » Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Salah satu cara agar terhindar dari penyakit stroke yaitu mengkonsumsi makanan yang sehat. Buah kurma misalnya.

Terkenal dengan kandungan gizinya yang tinggi, buah kurma tidak hanya sebagai sumber energi bagi tubuh tapi juga memiliki manfaat yang baik untuk mencegah penyakit stroke.

  1. Mencegah hipertensi

Manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mencegah hipertensi.  Kandungan gizi yang terdapat pada buah kurma bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah sehingga mampu menghambat atau mencegah penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  1.  Mencegah penyakit kanker

Tidak hanya baik untuk mencegah penyakit stroke, buah kurma juga sangat baik dikonsumsi untuk memberkan manfaat diantaranya yaitu dapat mencegah penyakit kanker. Kandungan gizi yang terdapat pada buah kurma mampu mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

  1. Baik untuk kesehatan pencernaan

Buah kurma selain memiliki manfaat untuk mencegh berbagai penyakit juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan pencernaan. Buah kurma mengandung serat yang sangat tinggi sehingga membantu tubuh untuk menyerap sari sari makanan serta melancarkan sistem metabolisme tubuh termasuk pencernaan.

  1. Anti oksidan alami

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah kurma memiliki kandungan zat anti oksidan yang cukup tinggi. Zat antioksidan yang terdpat pada buah kurma selain dapat mencegah penuaan dini juga dapat mencegh radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab datangnya berbagai penyakit lain yang menyerang tubuh.

  1. Menyehatkan jantung

Meskipun memiliki rasa yang manis, buah kurma mengandung gula yang baik yang mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh serta kolesterol yang menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Selain itu buah kurma juga memiliki kandungan vitamin lain yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Mencegah penyakit rematik

Rematik merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan tubuh terasa nyeri dan kaku. Salah satu cara mencegah penyakit rematik ini selain kebiasaan hidup yang baik juga konsumsi buah kurma. Karena kandungan gizi yang terdapat pada buah kurma memiliki manfaat yang baik untuk mencegah penyakit rematik.

  1. Mengobati demam berdarah

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang menyebabkan tubuh menjadi demam dan jika tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan penderitanya tidak terselamatkan. Nah, salah satu mengobati penyakit demam berdarah yaitu dengan mengkonsumsi buah kurma. Buah kurma memiliki kandungan zat yang mampu membantu menyembuhkan penyakit demam berdarah.