Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp

Rambutan merupakan salah satu buah khas Indonesaia yang memiliki bentuk yang khas dimana bagian kulitnya terdapat beberapa helai yang membentuk seperti rambut itu sebabnya buah ini disebut dengan buah rambutan. Buah rambutan memiliki daging berwarna putih dengan biji yang berwarna cokelat seperti kayu. Buah rambutan memiliki beberapa jenis. Ada yang dagingnya begitu mengelupas tapi ada juga yang tidak terlalu mengelupas.

Buah rambutan memiliki rasa yang begitu manis namun ada beberapa juga yang memiliki rasa masam. Tidak hanya memiliki rasa nikmat saat  dimakan secara langsung, buah rambutan juga nikmat jika diolah menjadi minuman ataupun manisan. Dibalik rasanya yang begitu manis dan nikmat, buah rambutan memiliki banyak sekali kandungan gizi yang baik unuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfat buah rambutan bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Read More

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah rambutan bagi kesehatan tubuh yang pertama yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Buah rambutan yang manis ini memiliki kandungan Vitamin A yang cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa Vitamin A memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi buah rambutan dapat membantu meningkatkan kesehatan organ penglihatan.

  1. Mengatasi anemia

Manfaat buah rambutan bagi kesehatan tubuh yang kedua yaitu dapat mengatasi masalah anemia. Anemia merupakan penyakit yang biasanya mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan lemah hal ini terjadi karena tubuh mengalami kekurangan sel darah merah. Kandungan zat besi yang terdapat pada buah rambutan dapat membantu tubuh dalam mengatasi masalah anemia.

  1. Mengobati sariawan

Selain memiliki kandungan zat besi yang baik untuk mengatasi anemia, buah rambutan juga memiliki kandungan Vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C yang terdapat pada buah rambutan memiliki manfaat salah satunya yaitu dpat mengobati sariawan.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Selain dapat mengobati sariawan, kandungan Vitamin C yang terdapat pada buah rambutan memiliki manfaat lain yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C yang terdapat pada buah rambutan dpat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh yang dapat menjadikan tuuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah sakit.

  1. Mengobati Penyakit hipertensi

Manfaat buah rambutan bagi kesehatan tubuh yang kelima yaitu dapat mengobati penyakit hipertensi. Saat tekanan drah dalam tubuh Anda meningkat, salah satu buah yang baik Anda konsumsi untuk mengatasi masalah hipertensi yaitu buah rambutan. Kandungan gizi yang terdapat pada buah rambutan memiliki manfaat yang baik untuk mengontrol dan menstabilkan tekanan darah pada tubuh.

  1. Mencegah Dehidrasi

Rambutan merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Untuk itu salah satu manfaat buah rambutan bagi kesehatan tubuh yaitu dapat mencegah dehidrasi Kandungan air yang terdapat pada buah rambutan dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

  1. Mengontrol kolesterol

Manfaat buah rambutan bagi kesehatan tubuh yang ketujuh yaitu dapat mengontrol kolesterol dalam tubuh.Bagi mereka yang memiliki kolesterol cukup tinggi, buah rambutan baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Mengatasi radang

Manfaat buah rambutan bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mengatasi penyakit radang. Buah rambutan memiliki banyak kandungan gizi yang dapat memberikanmanfaat untuk kesehatan tubuh maupun mengatasi berbagai masalah yang mengganggu kesehatan tubuh salah satunya yaitu radang. Radang tenggorokan maupun radang paru-paru dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah rambutan ini.

  1. Baik untuk menu diet

Buah rambutan tidak hanya memiliki rasa yang manis dan lezat. Buah yang satu ini juga ternyata baik untuk dijadikan menu saat Anda menjalankan program diet. Kandungan gula alami yang terdapat pada buah rambutan dapat menjadi sumber energi dalam tubuh Anda saat menjalankan program diet.

  1. Mencegah penyakit kanker

Selain baik untuk menu diet, manfaat buah rambutan bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dpat mencegah penyakit kanker. Kandungan gizi yang terdapat pada buah rambutan dapat memperbaiki sel sel tubuh yang rusak. Dengan begitu dapat menghambat timbulnya penyakit kanker karena salah satu penyebab timbulnya penyakit kanker yaitu sel tubuh yang rusak.

  1. Menyehatkan ginjal

Manfaat buah rambutan bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan ginjal. Ginjal merupakan organ dalam tubuh yang sangat penting. Dengan mengkonsumsi buah rambutan, kandungan gizii yang terdapat pada buah rambutan dapat memberikan nutrisi yang baik untuk organ jantung.

  1. Melancarkan pencernaan

Tidak hanya baik untuk kesehatan organ ginjal, kandungan gizi yang terdapat pada buah rambutan juga memiliki manfaat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Buah rambutan memiliki kandungan serat buah yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mengatasi masalah pencernaan.

  1. Kaya Akan Antioksidan

Buah rambutan memiliki kandungan Vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan gizi tersebut dapat memproduksi zat antioksidan. Tidak heran jika buah rambutan memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah rambutan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti menangkal radikal bebas, mencegah penuaan dini.

Related posts