Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Pala Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Pala Bagi Kesehatan Tubuh 645x312 » Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Pala Bagi Kesehatan Tubuh

Pala merupakan salah satu buah yang banyak digunakan untuk tambahan bumbu dapur pada makanan. Buah pala memiliki rasa yang agak sengar namun tetap nikmat. Dibalik rasanya yang agak sepat, buah pala sering sekali dijadikan obat untuk menjaga kesehatan tubuh. Buah pala juga sering dijadikan manisan. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi buah pala. Apa saja manfaat buah pala bagi kesehatan tubuh? Berikut ini beberapa manfaat buah pala bagi kesehtaan tubuh.

  1. Mengobati masuk angin

Manfaat buah pala bagi kesehatan tubuh yang pertama yaitu dapat mengobati masuk angin. Masuk angin memang begitu mengganggu karena menimbulkan gejala meriang atau dingin, perut menjadi kembung. Salah satu cara mengobati masuk angin yaitu dengan mengkonsumsi buah pala. Kandungan gizi yang terdapat pada buah pala dapat mengeluarkan angin yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Mengatasi insomnia

Insomnia merupakan sebuah penyakit dimana Anda tidak dapat tidur sesuai dengan waktu tidur pada umumnya. Biasanya penderita insomnia mengalami susah tidur di malam hari sehingga dia akan tidur justru di pagi hari. Nah, untuk mengatasi kebiasaan buruk atau penyakit insomnia ini Anda dapat mengkonsumsi buah pala sebagai obat alami untuk mengatasi insomnia.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Manfaat buah pala bagii kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat meningkatkan nafsu makan. Banak hal yang menyebabkan nafsu makan hilang, untuk membangkitkan selera makan Anda, Anda bisa mengkonsumsi buah pala karena kandungan gizi yang terdpat pada buah pala mampu meningkatkan nafsu makan Anda.

  1. Melancarkan pencernaan

Manfaat buah pala bagi kesehatan tubuh yang keempat yaitu dapat melancarkan sistem pencernaan. Selain mengandung serat, kandungan enzim lipase yang terdapat pada buah pala juga ikut memberikan manfaat yang baik untuk melancarkan pencernaan Anda.

  1. Mengatasi mual dan muntah

Mual dan muntah merupakan gejala yang tentunya pernah di rasakan dan dialami banyak orang. Banyak penyebab terjadinya mual atau muntah seperti masuk angin, alergi makanan, atau bahkan mabuk karena perjalanan. Salah satu cara untuk mengatasi masalah mual dan mabuk yaitu dengan mengkonsumsi buah pala. Kandungan zat yang terdapat pada buah pala dapat membantu tubuh dalam mengatasi mual dan muntah.

  1. Mengobati nyeri saat haid

Manfaat Buah Pala Bagi Kesehatan Tubuh » Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Pala Bagi Kesehatan Tubuh

Saat masa haid atau menstruasi biasanya perempuan sering sekali mengalami rasa nyeri atau sakit pada bagian perut akibat keram rahim. Bahkan banyak yang sampai pingsan karena tidak bisa menahan rasa sakit tersebut. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa nyeri saat haid yaitu dengan mengkonsumsi buah pala. Buah pala memiliki zat pereda nyeri.

  1. Menyembuhkan asam lambung

Selain dapat mengobati rasa nyeri, manfaat buah pala bagi kesehatan tubuh yaitu dapat menyembuhkan asam lambung.Buah pala memiliki kandungan zat saponin yang berfungsi untuk menurunkan dan meredakan produksi asam lambung sehingga baik dikonsumsi untuk mengatasi penyakit magg.

  1. Menjaga kesehatan otak

Manfaat buah pala bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan otak. Kandungan zat maristin yang terdapat pada buah pala baik untuk menutrisi otak sehingga dapat menjaga kesehatan organ otak.

  1. Dapat mendetoks tubuh

Manfaat buah pala bagi kesehatan tubuh yang kesembilan yaitu dapat mendetoks tubuh. Kandungan zat yang terdapat pada buah pala berfungsi untuk membersihkan racun dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari beberapa penyakit.

  1. Mengatasi penyakit leukimia

Manfaat buah pala bagi kesehatan tubuh yang kesepuluh yaitu dapat mengatasi penyakit leukimia. Leukimia atau kanker darah merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Salah satu cara untuk mencegah dan mengatasi penyakit leukimia yaitu dengan mengkonsumsi buah pala.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Selain dapat mengatasi penyakit leukimia, manfaat buah pala bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan kulit. Buah pala memiliki kandungan Vitamin E yang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

  1. Melancarkan peredaran darah

Manfaat buah pala bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat melancarkan peredaran darah. Kandungan zat yang terdapat pada buah pala dapat melancarkan peredaran darah sehingga dapat menjaga kesehatan jantung.

  1. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah dalam tubuh sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Saat tekanan darah terlalu tinggi tentunya akan menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Salah satu cara untuk mengontrol tekanan darah yaitu dengan mengkonsumsi buah pala. Kandungan gizi yang terdapat pada buah pala bermanfaat baik untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat buah pala bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu  dapat menjaga kesehatan tulang. Buah pala memiliki kandungan Kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang sehingga tulang menjadi lebih kuat.

  1. Meningkatkan sistem  imun

Selain memiliki kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, buah pala juga memiliki kandungan Vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga.