Kandungan Zat dan Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan Tubuh 645x312 » Kandungan Zat dan Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan Tubuh

Buah sawo merupakan salah satu buah yang cukup terkenal di Indonesia. Buah sawo memiliki rasa yang manis dengan daging buah yang memiliki tekstur agak lembek dan sedikit kasar dengan biji berwarna hitam seperti buah srikaya. Untuk warna buah sawo tentunya Anda tahu karena “sawo matang” menjadi istilah yang tidak asing sebagai nama warna kulit orang yang cenderung agak kecoklatan. Karena memang buah sawo ini memiliki warna coklat baik kulitnya maupun dagingnya. Buah sawo ini khususnya yang sudah matang memiliki aroma yang begitu menggoda dan menyengat. Dibalik nikmatnya buah sawo, tidak banyak orang yang tahu manfaat apa saja yang di dapatkan khususnya bagi tubuh apabila mengkonsumsi buah sawo. Untuk itu, mari simak beberapa manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh.

  1. Mencegah dan Mengatasi penyakit anemia

Anemia merupakan penyakit kurang darah, lebih tepatnya lagi kekurangan sel darah merah. Penderita anemia biasanya memiliki kandungan zat besi yang kurang di dalam tubuhnya sehingga produksi sel darah merah melemah. Untuk mencegah dan mengatasi penyakit anemia tentunya Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi yang tinggi. Salah satu sumber makanan yang bisa Anda konsumsi yaitu buah sawo. Buah sawo memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi yang dapat membantu memproduksi sel darah merah dalam tubuh.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Selain dapat mencegah dan mengatasi penyakit anema berkat kandungan zat besinya yang tinggi, manfaat lain mengkonsumsi buah sawo yaitu dapat membantu menjaga kesehatan tulang Anda. Buah sawo mengandung zat yang mampu menutrisi tulang Anda sehingga tulang menjadi tetap kuat dan sehat. Kandungan zat tersebut yaitu kalsium dan fosfor.

  1. Mengatasi radang mulut

Radang mulut merupakan salah stu penyakit yang sangat mengganggu. Selain membuat selera makan hilang, biasanya penyakit yang menyerang mulut akan membuat nafas menjadi bau dan tentunya membuat kepercayaan diri Anda menurun. Cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi radang mulut tersebut yaitu dengan  berkumur menggunakan air rebusan buah sawo. Selain lebih alami tentunya air rebusan buah sao tidak memberikan efek samping berbahaya seperti air kumur yang dijual di pasaran yang cenderung mengandung bahan bahan kimia.

  1. Mengobati  penyakit  diare

Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan Tubuh » Kandungan Zat dan Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan Tubuh

Jangan anggap penyakit diare merupakan penyakit yang sepeleh. Penyakit yang satu ini memang umum dan sering terjadi. Penyebabnya biasanya salh mengkonsumsi makanan, keracunan makanan, atau mengkonsumsi makanan yang pedas atau makanan yang tidakhigienis. Tahukah Anda penyakit diare apabila di diamkan begitu saja sangat berbahaya dan mengancam keselamatan Anda? Ya, saat diare tubuh Anda mengalami kekurangan cairan yang dapat menimbulkan kematian apabila tidak diatasi dengan cepat. Salah satu cara alami untuk mengatasi penyait diare yaitu dengan mengkonsumsi buah sawo. Buah sawo ternyata memiliki kandungan yang mampu menghentikan diare Anda.

  1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh yang kelima yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Selain tinggi akan zat besi, buah sawo ternyata memiliki kandungan Vitamin A yang cukup tinggi dimana Vitamin A memiliki manfaat yang baik untuk menutrisi indera penglihatan Anda. Bagi Anda yang mengalami masalah penglihatan, Anda bisa mengkonsumsi buah sawo untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Baik untuk pertumbuhan tubuh si kecil

Saat anak berada diusia balita hingga kanak-kanak, usahakan untuk memberikan asupan makanan yang mampu mendorong pertumbuhan dan daya kembang si kecil. Banyak sekali makanan yang baik dikonsumsi untuk tumbuh kembang si kecil. Salah satunya yaitu buah sawo. Buah sawo memiliki kandungan protein yang cukup yang berfungsi baik untuk pertumbuhan tubuh si kecil.

  1. Mencegah kanker usus

Organ pencernaan seperti usus merupakan salah satu organ penting yang wajib dijaga kesehatannya. Dimana organ pencernaan tentunya mempengaruhi keberlangsungan hidup Anda. Untuk menjaga organ pencernaan khususnya usus agar tetap sehat, salah satu makanan yang baik dikonsumsi adalah buah. Dari sekian banyak buah, salah satu buah yang baik dikonsumsi yaitu buah sawo, kandungan serat buah sawo tidak hanya mampu melancarkan pencernaan tapi juga dapat mencegah penyakit kanker usus.

  1. Mengatasi sariawan

Selain dapat mengatasi penyakit radang mulut, buah yang memiliki warna cokelat ini juga bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi penyakit sariawan. Tidak hanya buah jeruk yang sudah populer dapat mengatasi sariawn, buah sawo juga ternyata mampu mengatasi penyakit sariawan karena kandungan vitamin c nya yang cukup tinggi.

  1. Mencegah penuaan dini

Kandungan Vitamin C yang terdapat pada buah sawo tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi sarriawan tapi juga membentuk zat antioksidan yang baik untuk mencegah penuaan dini. Ditambah dengan kandungan Vitamin E yang terdapat pada buah sawo ikut membantu menjaga kesehatan kulit sehingga tidak mudah keriput dan menyamarkan noda noda hitam pada wajah.

  1. Melancarkan sitem pencernaan

Anda mengalami susah buang air besar? Anda bisa mengkonsumsi buah sawo untuk mengatasi masalah tersebut. Kandungan seratnya yang cukup tinggi mampu mendorong sisa-sisa makanan yang menumpuk di dalam usus.