Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Manggis bagi Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp

Tahukah Anda buah yanag mendapat julukan buah jujur? Ya, buah manggis. Buah yang satu ini memiliki jumlah kelopak dan buah yang sama di dalamnya itu sebabnya buah yang satu ini terkenal dengan istilah buah jujur.

Buah yang memiliki kulit berwarna merah keunguan ini memiliki buah berwarna putih dan memiliki rasa yang segar dan manis. Namun buah yang satu ini juga terkadang memiliki rasa yang masam.

Read More

Dibalik rasanya yang menyegarkan, buah manggis memiliki segudang manfaat, baik dari buahnya hingga kulitnya.

Namun kali ini kita hanya akan membahas mengenai manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh. Karena banyak masyarakat yang menyukai buah manggis namun tidak sedikit juga orang yang belum tahu manfaat dari buah manggis ini.

Untuk itu mari kita bahas ssatu persatu manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh.

  1. Mencegah penyakit kanker

Manfaat yang Anda dapat dari mengkonsumsi buah manggis yang pertama yaitu dapat mencegah penyakit kanker. Buah manggis kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat baik untuk mencegah produksi sel sel kanker sehingga buah yang satu ini baik sekali dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh Anda agar tidak mudah terkena penyakit kanker.

  1. Mengurangi rasa sakit

Selain dapat mencegah dari penyakit kanker, buah manggis memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting bagi tubuh seperti dapat mengurangi rasa sakit. Saat tubuh Anda mengalami kurang sehat seperti peradangan, mengkonsumsi buah manggis dapat mengurangi rasa sakit yang tubuh Anda rasakan.

  1. Mencegah infeksi

Manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mencegah infeksi. Saat Anda mengalami infeks, tentunya Anda harus segera mengobatinya karena jika tidak ditangani dengan cepat, infeksi akan menyebabkan masalah lain yang cukup serius. Salah satu cara untuk mencegah infeksi yaitu dengan mengkonsumsi buah manggis. Buah manggis memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya infeksi.

  1. Kaya Antioksidan

Salah satu kandungan nutrisi yang paling banyak dari buah manggis yaitu anti oksidan. Dimana antioksidan merupakan salah satu zat yang sangat diperlukan tubuh untuk menjaganya tetap sehat. Salah satu manfaat dari kandungan zat antioksidan yang didapat dari buah manggis yaitu dapat mencegah terjadinya radikal bebas.

  1. Mencegah dan mengobati penyakit hipertensi

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari buah manggis yaitu dapat mencegah dan mengobati penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Bagi Anda yang mengalami tekanan darah tinggi, sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah manggis karena buah manggis memiliki kandungan zat yang mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh sehingga penyakit hipertensi dapat diatasi.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem imun merupakan salah satu hal yang penting untuk dijaga agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Salah satu cara untuk meninkatkan sistem kekebalan tubuh tentunya mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat yang mampu memperkuat sistem imun tubuh. Slaah satu sumber makanan yang baik dikonsumsi yaitu buah manggis. Kandungan Vitamin C dan antioksidan yang terdapat pada buah manggis berperan baik dalam meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

  1. Mencegah penyakit batu ginjal

Selain penyakit kanker, salah satu penyakit yang tidak sedikit memakan korban jiwa yaitu penyakit batu ginjal. Penyakit batu ginjal ini disebabkan oleh berbagai hal seperti kurang minum air putih pun dapat menyebabkan batu ginjal. Salah satu cara untuk mencegah penyakit yang satu ini yaitu dengan mengkonsumsi buah manggis. Buah manggis kaya akan kandungan gizi yang mampu memncegah berbagai penyakit salah satunya batu ginjal.

  1. Menurunkan berat badan

Anda sedang bingung mencari cara bagaimana menurunkan berat badan? Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengkonsumsi buah manggis. Memang olahraga merupakan salah satu hal yang berpengaruh untuk menurunkan berat badan. Namun asupan makanan yang dikonsumsi pun sangat berpengaruh. Nah, buah manggis baik dikonsumsi karena memilki fungsi menurunkan kolesterol dalam tubuh.

  1. Memperkuat tulang

Khasiat manggis untuk tulang juga sangat bagus. Buah ini akan menguatkan tulang Anda dengan lebih sehat. Anda tidak perlu lagi khawatir akan terserang penyakit osteoporosis jika sudah memakan buah ini dengan rutin.

  1. Pencegah penyakit anemia

Anemia muncul karena tubuh Anda kekurangan sel darah merah. Buah ini akan memberikan kandungan zat besi yang cukup untuk tubuh, sehingga produksi sel darah merah akan bertambah dan menghilangkan kemungkinan besar penyakit anemia.

Selain 10 manfaat dan khasiat manggis untuk kesehatan, ada lagi 6 manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:

  • Obat katarak
  • Mengatasi sakit kepala migraine
  • Menghilangkan alergi
  • Menyehatkan usus
  • Mengurangi kolesterol dalam tubuh
  • Anti penuaan dini

Related posts