Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Sirsak yang Baik Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh 645x312 » Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Sirsak yang Baik Bagi Kesehatan

Siapa yang tak suka buah sirsak, buah yang memiliki rasa yang asam manis ini terasa begitu menyegarkan baik dikonsumsi secara langsung mampun di jus. Dibalik rasa nya yang menyegarkan terkandung vitamin dan gizi yang baik untuk menutrisi tubuh bahkan bisa dijadikan obat alami untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit.

Lalu, apa saja manfaat buah sirsak bagi kesehatan tubuh? Berikut ini beberapa manfaat buah sirsak yang perlu Anda ketahui.

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat buah sirsak bagi kesehatan tubuh yang pertama yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bagaimana tidak, buah sirsak mengandung Vitamin C yang mampu meningkatkan sistem imun . Bahkan tidak hanya itu, buah sirsak mengandung senyawa acetogenin san muricapentocin yang memiliki fungsi meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit.

  1. Sumber energi tubuh

Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, manfaat lain dari buah sirsak yaitu dapat dijadikan sumber energi dalam tubuh. Selain mengandung  Vitamin C yang bermanfaat untuk sistem imun tubuh, buah sirsak mengandung Vitamin B1 yang berfungsi sebagai sumber energi di dalam tubuh.

  1. Baik Untuk Otak

Manfaat buah  sirsak bagi kesehatan tubuh yang ketiga yaitu baik untuk nutrisi otak Anda. Dengan mengkonsumsi buah sirsak dapat meningkatkan daya konsentrasi Anda sehingga Anda mwnjadi mudah fokus dalam melaksanakan segala hal atau aktivitas yang menguras kinerja otak.

  1. Meningkatkan hemoglobin dalam tubuh

Hemoglobin atau hb sangat penting dalam tubuh dimana hemoglobin ini berfungsi mengikat oksigen di dalam darah. Bagi Anda yang mengalami kekurangan hemoglobin, Anda bisa mengkonsumsi buah sirsak sebagai obat alami yang mampu meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh.

  1. Menyehatkan sistem  pencernaan

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh » Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Sirsak yang Baik Bagi Kesehatan

Manfaat buah sirsak bagi kesehatan tubuh yang kelima yaitu dapat menyehatkan sistem pencernaan. Buah sirsak memiliki kandungan serat dan Vitamin B2 yang cukup tinggi dimana kedua zat ini berfungsi baik untuk manjaga kesehatan organ pencernaan serta melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh.

  1. Mencegah penyakit jantung

Selain memberikan manfaat untuk menjaga organ tubuh tetap sehat, buah sirsak memiliki kandungan yang mampu mencegah berbagai penyakit salah satunya penyakit jantung. Kandungan Vitamin C yang terdapat pada buah sirsak tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh tapi juga baik untuk menjaga kesehatan organ jantung sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

  1. Mencegah  penyakit kanker

Tidak hanya penyakit jantung, mengkonsumsi buah sirsak memberikan manfaat yang baik untuk menjaga tubuh tetap sehta dan mencegahnya dari penyakit kanker dimana penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang mengakibatkan tidak sedikit penderitanya berujung pada kematian.

  1. Mengobati diabetes

Anda menderita penyakit diabetes? Hati hati karena penyakit diabetes dapat mengerogoti kesehatan tubuh Anda. Untuk mencegah dan mengibat penyakit diabetes, salah satu asupan makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengobati penyakit kelebihan gula dalam darah ini yaitu buah sirsak.

  1. Menurunkan kolesterol dalam tubuh

Kolesterol merupakan salah satu masalah besar. Ya, apabila kadarnya terlalu tinggi di dalam tubuh tentunya kolesterol sangat membahayakan kesehatan. Selain dapat menyebabkan kegemukan, kolesterol dalam tubuh juga dapat mengancam kesehatan organ jantung dimana jantung merupakan organ penting dalam tubuh. Salah satu cara agar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang baik yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh yaitu buah sirsak. Kandungan zat yang terdapat pada buah sirsak berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

  1. Mengatasi hipertensi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah sirsak tidak hanya mengandung zat yang baik untuk menutrisi tubuh tapi juga mengatasi berbagai penyakit. Salah satunya yaitu hipertensi. Bagi Anda yang memiliki tensi darah diatas batas normal, Anda perlu waspada dan berhati hati dengan asupan makanan yang Anda konsumsi. Anda harus meneghindari makanan yang menyebabkan tensi darah meningkat dan sebaliknya tentunya Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mampu menurunkan tensi darah Anda. Salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk mengatasi hipertensi yaitu buah sirsak.

  1. Mengobati penyakit asam urat

Selain hipertensi, salah satu penyakit yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah sirsak yaitu penyakit asam urat. Penyakit asam urt merupakan penyakit yang sangat mengganggu aktivitas dimana Anda akan merasakan ngilu pada bagian sendi dan urat2 Anda. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengkonsumsi buah sirsak sebagai obat alami tanpa memberikan efek samping yang berbahaya.

  1. Mengatasi migraine

Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi pada masyarakat. Penyakit yang satu ini tentu akan membuat jadwal kegiatan Anda berantakan. Bagimana tidak, migrain dapat membuat Anda terhenti dari aktivitas yang sedang dilakukan karena rasa sakitnya yang begitu tak tertahankan. Salah satu cara untuk mengatasi migrain, Anda dapat mencoba mengkonsumsi buah sirsak dimana buah sirsak memiliki kandungan zat yang dapat dipercaya mampu mengatasi sakit kepala Anda.