Perbedaan Fungsi Jenis Sistem Operasi Windows pada PC atau Laptop

Varian Sistem Operasi Windows dan Perbedaan Fungsinya 772x312 » Perbedaan Fungsi Jenis Sistem Operasi Windows pada PC atau Laptop

Perbedaan Fungsi Jenis Sistem Operasi Windows pada PC atau Laptop – Sistem operasi Windows memang jenis sistem operasi yang paling populer. Mayoritas Teknologi OS pada komputer PC dan laptop yang digunakan di seluruh dunia menggunakan sistem operasi Windows dari Microsoft.

Namun jika berbicara mengenai sistem operasi Windows, sebenarnya Windows sendiri mempunyai banyak jenis sistem operasi. Yang dimaksud dengan jenis sistem operasi bukan seperti Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan Windows 10.

Yang disebut dengan jenis dari OS Windows cenderung lebih dari fungsinya. Memang belum banyak yang mengetahui bahwa ada beberapa jenis sistem operasi Windows. Bagi anda yang ingin mengetahui apa saja jenis dari sistem operasi Windows tersebut, anda bisa mempelajari hal tersebut selengkapnya di artikel ini.

Varian Sistem Operasi Windows dan Perbedaan Fungsinya » Perbedaan Fungsi Jenis Sistem Operasi Windows pada PC atau Laptop

3 Jenis Sistem Operasi Windows yang Dijual di Pasaran

Sebagai salah satu raksasa dalam bidang teknologi, Microsoft memang sangat giat mengembangkan sistem operasi. Namun selain giat menghadirkan sistem operasi terbaru, Microsoft juga membuat beberapa jenis sistem operasi Windows.

Berikut ini adalah 3 jenis sistem operasi Windows yang mungkin saja masih belum begitu anda ketahui perbedaannya:

  1. Sistem operasi personal

Jenis sistem operasi Windows yang pertama adalah sistem operasi personal. Dari semua jenis OS Windows, OS Windows personal merupakan yang paling dikenal dan paling banyak digunakan.

OS Windows personal ini tidak memiliki banyak fitur seperti 2 jenis sistem operasi Windows lainnya. Selain fitur, harga dari sistem operasi Windows Personal ini juga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

Dari segi fungsinya, sistem operasi Windows Personal ini hanya disarankan untuk digunakan oleh perorangan saja.

  1. Sistem operasi bisnis

Jenis sistem operasi Windows yang kedua adalah sistem operasi bisnis. Jenis OS Windows kedua ini sebenarnya sangat mirip dengan OS Windows personal.

Namun demikian, ada beberapa fitur tambahan pada OS Windows bisnis ini, terutama fitur keamanan dan juga fitur untuk efektifitas kegiatan bisnis.

Karena fiturnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan jenis sistem operasi Windows personal, jelas spesifikasi komputer atau laptop yang dibutuhkan untuk menjalankan OS Windows bisnis secara lancar juga semakin tinggi.

Selain spesifikasi komputer dan laptop yang jauh lebih tinggi, harga dari jenis sistem operasi Windows bisnis ini juga jauh lebih mahal dibandingkan yang personal.

  1. Sistem operasi server

Selain personal dan bisnis, jenis sistem operasi Windows lain yang juga dijual di pasaran adalah sistem operasi Windows server. Windows server bisa dikatakan sebagai jenis sistem operasi Windows yang paling tinggi dari 2 jenis lainnya.

Windows server biasa terpasang di komputer yang digunakan sebagai server data untuk sebuah perusahaan. Intinya, Windows server ini merupakan sistem operasi khusus yang biasa digunakan pada komputer yang menjadi pusat dari beberapa komputer lain.

Karena fungsi Windows server jauh lebih berat dari jenis sistem operasi Windows lainnya, jelas fitur yang terdapat di dalam Windows server jauh lebih banyak.

Selain fiturnya, Windows server original juga dijual dengan harga yang cukup fantastis jika dibandingkan dengan harga jual jenis sistem operasi Windows lainnya.

Jadi sekarang anda sudah paham bukan yang dimaksud dengan jenis sistem operasi Windows itu? Sebagai tambahan, setiap versi Windows seperti Windows XP, Vista, 7, 8, dan juga 10 dilengkapi dengan 3 jenis sistem operasi Windows tersebut.

Bagaimana dengan komputer atau laptop yang saat ini anda gunakan? Jenis sistem operasi Windows apa yang terpasang pada komputer atau laptop anda?