6 Makanan Sederhana yang Dapat Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

zat dalam bluberi 504x312 » 6 Makanan Sederhana yang Dapat Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

bluberi

Makanan Sederhana untuk Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi – Selain menjadi bahan bakar yang mengatur energi dan suasana hati anda, makanan tertentu juga bisa sangat mempengaruhi daya konsentrasi dan fokus anda secara signifikan. Itulah kenapa orang tua kita dulu sering kali menasihati untuk selalu makan dengan lahap agar tumbuh menjadi orang pintar, karena sadar ataupun tidak sadar nasehat tersebut memang memiliki hubungan yang erat dengan ilmu pengetahuan dan kedokteran.

Setidaknya banyak makanan bergizi dan menyehatkan yang bisa anda temukan di negara kita, Indonesia. Makanan-makanan jenis ini mampu mempengaruhi kemampuan otak anda dimulai dari suasana hati, daya ingat, daya fokus, hingga kemampuan mental anda secara keseluruhan. Baiknya, cobalah untuk memulai mengkonsumsi makanan yang telah kami rangkum di bawah ini setiap hari.

Blueberry

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bluberry dapat meningkatkan daya konsentrasi dan ingatan anda hingga 5 jam ke depan karena kandungan antioksidan yang dimilikinya, dimana mampu merangsang aliran darah dan oksigen ke otak anda dengan lebih baik, serta membuat pikiran anda tetap segar.

zat dalam bluberi » 6 Makanan Sederhana yang Dapat Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

bluberi

Beberapa antioksidan tertentu yang terkandung dalam buah ini diantaranya antosianin, proantosianidin, resveratrol, dan tanin. Keempat sub-zat ini telah terbukti dapat meningkatkan fokus anda sekaligus mencegah anda terkena berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker, penyakit jantung, dan demensia.

Teh Hijau

Teh hijau akan membantu anda tetap fokus dengan dua cara. Pertama, minuman ini mengandung kafein, dan kedua dengan L-teanin yang dimilikinya. Sudah tidak diragukan lagi bahwa kafein mampu membantu anda untuk tetap fokus dan meningkatkan kewaspadaan. Sementara L-teanin merupakan sejenis asam amino yang bisa meningkatkan aktivitas gelombang alfa di dalam otak anda.

Kedua zat ini – kafein dan L-teanin – merupakan gabungan yang sangat luar biasa dimana bisa menciptakan kemampuan fokus dan perhatian anda dengan lebih baik.

Alpukat

Menurut WebMD menuliskan bahwa setiap organ di dalam tubuh anda bergantung pada aliran darah, terutama jantung dan otak. Maka dari itu, mengkonsumsi alpukat bisa menjadi salah satu alternatif terbaik untuk dilakukan karena buah yang kaya akan lemak sehat ini mampu meningkatkan aliran darah dan menyalakan sel otak anda secara bersamaan. Selain itu, alpukat juga dipenuhi dengan serat (sekitar 11 hingga 17 gram per buahnya) dimana mampu menjaga perasaan lapar anda dari waktu ke waktu.

Sayuran Daun Hijau

Sayuran daun hijau dikemas dengan antioksidan dan karotenoid dimana mampu meningkatkan kekuatan otak dan membantu menjaga otak anda dari kerusakan. Sayuran jenis ini juga mengandung vitamin B yang sangat banyak, sehingga terbukti mampu membantu kesehatan dan kekuatan daya ingat, fokus, serta otak anda secara keseluruhan.

Ikan Berlemak

Ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 yang mampu membantu daya ingat, kinerja mental, dan fungsi perilaku anda menjadi lebih baik. Mereka yang kekurangan asam lemak omega-3 lebih cenderung memiliki daya ingat yang buruk, perubahan suasana hati, dan kelelahan. Ikan juga sudah terbukti dapat meningkatkan konsentrasi dan mood anda. Beberapa ikan yang kami rekomendasikan untuk anda konsumsi diantaranya adalah salmon, makarel, hering, dan sarden.

Air Putih

JIka anda ingin meningkatkan fokus anda dengan cara yang lebih mudah, sederhana, dan murah, anda hanya perlu mengkonsumsi air putih yang cukup secara teratur. Air putih dapat memberi otak anda energi sehingga mampu meningkatkan fungsinya secara keseluruhan, termasuk proses berpikir dan mengingat.

Bahkan beberapa penelitian pun telah membuktikkan bahwa air putih dapat membuat anda berpikir lebih cepat, lebih fokus, dan memiliki kreativitas yang lebih tinggi. Hal ini karena semua fungsi di tubuh anda membutuhkan air untuk bekerja, sehingga sangatlah penting bagi anda untuk selalu terhidrasi dari waktu ke waktu.