5 Tips Mengobati Sakit Kepala Tanpa Obat-obatan

  • Whatsapp

Tips Mudah Mengobati Sakit Kepala Tanpa Obat-obatan – Diantara orang dewasa, sakit kepala merupakan salah satu gangguan medis yang paling umum terjadi. Meskipun tidak selalu dianggap sebagai gangguan kesehatan yang serius, tetapi tetap akan mempengaruhi aktivitas anda sehari-hari, bahkan beberapa diantaranya bisa menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa. Sebut saja vertigo, yaitu jenis sakit kepala yang tak tertahankan yang bisa berdampak buruk terhadap kualitas hidup seseorang.

Meskipun terkadang sakit kepala tersebut masih bisa diobati oleh obat-obatan yang bisa anda temukan di toko atau warung tempat anda tinggal, tetapi alangkah baiknya jika anda mencoba untuk mengobatinya tanpa melibatkan obat-obatan yang mengandung banyak sekali zat kimia, dimana tidak jarang bisa memberikan anda efek samping.

Read More

Salah satunya adalah dengan mengubah gaya hidup anda secara keseluruhan. Pola hidup sehat ini juga dipercaya mampu mencegah sakit kepala yang mengganggu tersebut datang kembali. Nah, apa sajakah hal-hal yang perlu anda ubah tersebut? Dimulai dari tidak mengkonsumsi makanan tertentu hingga mengubah kebiasaan buruk, berikut adalah 5 tips untuk mengobati sakit kepala tanpa obat-obatan.

Hindari Alkohol dan Kafein

Baik minuman beralkohol ataupun yang mengandung kafein cenderung dapat menyebabkan anda sakit kepala, terlebih jika anda selalu mengalami sakit kepala sebelah atau migrain. Meskipun pada dasarnya kafein selalu dimasukkan ke dalam obat sakit kepala, tetapi ternyata mengkonsumsi kafein juga bisa menyebabkan anda sakit kepala karena ketergantungan.

Sudah banyak kasus dimana seseorang yang hobi mengkonsumsi kopi akan mengalami sakit kepala ketika mereka tidak memiliki kadar kafein yang cukup di dalam tubuhnya. Dengan begitu, berupaya untuk berhenti minum kopi juga sama beratnya ketika anda ingin berhenti merokok.

Atur Pola Tidur Anda

Menjaga pola tidur anda yang teratur juga merupakan salah satu cara yang penting dalam mencegah sakit kepala menyerang anda. Pastikan anda mendapatkan istirahat yang cukup sekurang-kurangnya 8 jam di malam hari. Beberapa orang juga mendapati bahwa tidur siang juga mampu mencegah sakit kepala di malam hari. Selain itu, cobalah untuk tidur di ruangan yang gelap untuk menyingkirkan sakit kepala yang mengganggu tersebut.

Sebaliknya, terlalu banyak tidur juga bisa menyebabkan anda sakit kepala. Tidur lebih dari 10 atau 12 jam bisa membuat anda merasa lelah ketika terbangun nanti. Jadi, hindarilah melakukan “balas dendam” setiap kali anda mendapatkan liburan di akhir pekan dengan bermalas-malasan di atas kasur anda.

Hindari Stres dan Tenangkan Diri Anda

Stres, baik secara fisik maupun mental dapat menyebabkan anda terkena sakit kepala. Hal ini sebagian disebabkan oleh kejang otot yang diakibatkan oleh stres tersebut, atau karena adanya perubahan hormon akibat kondisi stres yang tengah anda alami. Menghindari stres juga tidak bisa dianggap remeh. Faktanya, banyak orang masih merasa kesulitan dalam menangani atau sekedar mengurangi stres yang mereka derita.

Mungkin cara termudah untuk dilakukan adalah dengan melakukan meditasi, atau hanya bersantai di akhir pekan. Cobalah untuk melupakan sejenak pekerjaan anda dan hindari memikirkan hari senin yang akan segera tiba. Berjalan-jalan, membaca buku, atau mendengarkan musik favorit juga bisa mengurangi tingkat stres di tubuh anda.

Jagalah Otot Anda

Salah satu penyebab utama lainnya anda terkena sakit kepala adalah ketegangan atau kejang otot. Bahkan ketika anda tidak terlalu banyak melakukan aktivitas fisik, kombinasi dari berdiam diri terlalu lama, gaya hidup yang buruk dan stres dapat berefek pada otot anda. Khususnya otot di bagian punggung dan leher anda cenderung menerima kerusakan yang paling parah, sehingga bisa menyebabkan anda sakit kepala.

Kurangi Aktivitas yang Dapat Menyebabkan Ketegangan Mata

Ketegangan mata juga merupakan salah satu penyebab utama anda terkena sakit kepala, terutama di era modern saat ini. Ketegangan mata bisa disebabkan oleh terlalu banyak menonton TV, atau terlalu sering memandangi layar komputer dan gadget anda selama berjam-jam lamanya. Ketika anda mengalami sakit kepala, pastikan untuk menjauhkan diri anda sejenak dari beberapa alat canggih tersebut.

Related posts