Pahami Hal Ini Sebelum Memutuskan Beli Komputer Rakitan

  • Whatsapp

Pahami Hal Ini Sebelum Memutuskan Beli Komputer Rakitan – Jika dilihat dari harga dan juga spesifikasinya, laptop memang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan komputer rakitan. Dengan budget yang sama, anda memang bisa mendapatkan spesifikasi yang jauh lebih tinggi jika memilih membeli komputer rakitan.

Namun jangan salah, tidak semua komputer rakitan lebih baik dibandingkan dengan laptop. Ada banyak sekali komputer yang mempunyai kualitas yang lebih rendah dari laptop, terutama jika anda tidak memilih perangkat kerasnya sendiri.

Read More

Oleh sebab itu, jika anda mempunyai rencana untuk membeli komputer rakitan, sebaiknya anda pilih sendiri perangkat keras atau hardware yang digunakan di dalam komputer anda nantinya. Jika selama ini anda belum paham dengan apa saja yang perlu anda perhatikan ketika membeli komputer rakitan, anda bisa mempelajari hal tersebut lebih lanjut melalui artikel ini.

Macam-Macam Perangkat Keras Pada Komputer Rakitan

Di dalam sebuah komputer terdapat beberapa macam perangkat keras. Sebenarnya perangkat keras tersebut juga digunakan di laptop. Namun demikian, anda sama sekali tidak memiliki kebebasan untuk memilih merek dan juga fitur perangkat keras ketika membeli laptop.

Berbeda halnya ketika anda akan membeli komputer rakitan, anda bisa dengan bebas menentukan perangkat keras apa saja yang akan anda gunakan. Berikut ini adalah beberapa macam jenis perangkat keras inti dalam komputer yang perlu anda perhatikan ketika membeli komputer rakitan:

  • Prosesor

Perangkat keras pertama yang merupakan inti dari komputer anda nantinya adalah prosesor. Ada 2 macam jenis prosesor yang bisa anda pilih yaitu prosesor Intel dan AMD.

Masing-masing prosesor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Prosesor AMD terkenal karena harganya yang jauh lebih terjangkau dari prosesor Intel.

Meskipun lebih murah harganya, prosesor AMD tidak kalah performanya jika dibandingkan dengan prosesor dari Intel.

Prosesor dari Intel sendiri memiliki kelebihan dari segi fitur dan kestabilannya ketika digunakan untuk membuat desain-desain 3 dimensi.

Terlepas dari jenisnya, yang perlu anda perhatikan ketika memilih prosesor adalah tipe, jumlah core, dan juga kecepatannya dalam memproses data.

  • Motherboard

Setelah prosesor, perangkat keras berikutnya yang juga perlu anda pilih secara seksama ketika akan membeli komputer rakitan adalah motherboard. Dalam memilih motherboard ini, anda harus memperhatikan jenis dan juga tipe prosesor apa yang akan anda gunakan.

Prosesor Intel dan AMD membutuhkan motherboard yang berbeda. Selain itu, masing-masing tipe prosesor dari Intel maupun AMD juga membutuhkan soket motherboard yang berbeda.

Selain dari segi prosesor apa saja yang akan anda gunakan, anda juga perlu memperhatikan beberapa fitur penting ketika akan memilih motherboard.

Beberapa fitur motherboard yang perlu anda perhatikan adalah seperti tipe RAM apa yang bisa digunakan di motherboard tersebut, jumlah slot RAM, ada tidaknya GPU yang terintegrasi di dalam motherboard, jenis kapasitas yang digunakan, dan juga dukungan USB 3.0.

Motherboard sendiri juga digolongkan menjadi beberapa macam kelas dilihat dari harga dan fiturnya. Ada motherboard kelas low end yang harganya cukup terjangkau namun tidak memiliki banyak fitur, ada motherboard kelas mid end yang sudah cukup banyak fiturnya, dan ada juga motherboard kelas high end yang sangat lengkap fiturnya.

  • RAM

Perangkat keras lain yang juga perlu anda perhatikan ketika akan membeli komputer rakitan adalah RAM, singkatan dari Random Access Memory.

RAM terdiri dari beberapa macam tipe. Saat ini, tipe RAM paling baru adalah DDR4. Sebisa mungkin pilih motherboard yang sudah mendukung penggunaan RAM DDR4 ini.

Selain tipenya, anda juga perlu memperhatikan fitur-fitur RAM lainnya seperti memori cache dan juga ada tidaknya heat sink. Semakin banyak fitur di dalam RAM, maka akan semakin mahal harganya.

Bukan hanya itu saja, dalam memilih RAM, sebaiknya anda juga memperhatikan mengenai besarnya memori RAM tersebut. Untuk penggunaan komputer di zaman sekarang, anda disarankan minimal membeli RAM dengan kapasitas 4 GB atau 8 GB.

  • Tempat penyimpanan data

Setelah RAM, anda juga perlu memperhatikan perangkat keras untuk menyimpan data. Di zaman sekarang, sudah ada cukup banyak jenis penyimpanan data.

Anda bisa memilih HDD yang merupakan teknologi lama dari penyimpanan data. Selain HDD, anda juga bisa memilih SSD yang jauh lebih cepat dan lebih awet jika dibandingkan dengan HDD.

Atau jika memang anda memiliki dana lebih untuk membeli komputer rakitan, anda juga bisa menggunakan SSD M2 yang jauh lebih cepat kinerjanya dibandingkan dengan SSD biasa.

Selain jenisnya, anda juga perlu memperhatikan masalah kapasitas penyimpanan datanya. Anda tidak perlu membeli tempat penyimpanan data yang kapasitasnya paling besar. Lebih baik pilih yang sesuai dengan kebutuhan anda.

  • PSU

Kebanyakan orang memang tidak terlalu memperhatikan PSU (Power Supply Unit) ketika membeli komputer rakitan. Kebanyakan orang memang merasa sudah cukup dengan PSU bawaan casing.

Sebenarnya, PSU bawaan casing kurang begitu bagus, terutama jika anda menginginkan komputer yang bisa memberikan performa maksimal. Oleh sebab itu, anda memang disarankan untuk membeli PSU secara terpisah.

Untuk memilih PSU, anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti voltase inputnya sekaligus berapa besar tendensinya.

Voltase inputnya berpengaruh secara langsung pada perangkat keras lain di dalam komputer anda. Jika voltasenya tidak mencukupi kebutuhan semua perangkat keras, jelas komputer anda tidak akan bisa berfungsi secara maksimal.

Selain voltase inputnya, tendensi juga merupakan faktor penting yang perlu anda perhatikan ketika memilih PSU. Yang dimaksud dengan tendensi adalah tingkat ketepatan voltase inputnya.

Sampai saat ini, PSU berkualitas memiliki tendensi 80 atau bisa diartikan dapat memberikan 80% dari voltase input yang tertulis. Jadi jika sebuah PSU tertulis memiliki voltase input 450 Watt, maka voltase input sebenarnya adalah 360 Watt.

  • Casing

Sekilas memang casing terlihat sebagai pemanis sebuah komputer rakitan saja. Oleh sebab itu, banyak orang yang memilih menggunakan casing dengan harga murah.

Sebenarnya, casing juga memiliki peranan penting dalam hal performa komputer anda nantinya. Membeli casing yang bagus tidak hanya akan menambah tampilan komputer anda saja.

Casing komputer yang bagus juga memiliki sirkulasi udara yang sangat baik. Karena sirkulasi udaranya sangat baik, maka temperatur komputer anda tidak akan meningkatkan mendekati ambang batas pemakaian aman.

  • Kartu grafis

Jika anda memang berniat untuk membeli komputer rakitan khusus untuk bekerja di bidang grafis ataupun sering digunakan untuk bermain game-game berat, maka ada satu lagi perangkat keras yang wajib anda miliki.

Kartu grafis adalah perangkat keras yang juga wajib anda miliki jika ingin memiliki komputer rakitan yang bisa digunakan untuk bermain game berat dan menjalankan berbagai macam software desain grafis maupun 3 dimensi dengan lancar.

Dengan adanya kartu grafis, performa komputer anda jelas akan lebih terdongkrak karena terdapat prosesor khusus untuk mengurus masalah grafis.

Namun demikian, kemungkinan besar anda harus mengeluarkan dana yang cukup besar jika ingin menggunakan kartu grafis di dalam komputer rakitan anda.

Komputer rakitan memang bisa jauh lebih garang dibandingkan dengan laptop. Dengan budget yang sama, anda memang bisa mendapatkan spesifikasi yang jauh lebih baik.

Namun kembali lagi, semua itu bisa anda dapatkan jika anda sudah paham mengenai bagaimana memilih perangkat keras komputer rakitan anda sendiri, bukan membeli paketan komputer rakitan yang sudah disiapkan oleh toko komputer.

Related posts