Suka Makan Daun Bawang? Ini Dia Manfaatnya Bagi Kesehatan

  • Whatsapp

Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan – Daun bawang merupakan jenis tumbuhan yang sering dijadikan bumbu tambahan untuk menyedapkan masakan. Daun bawang ini kadang diolah dengan cara dimasak langsung dengan masakan yang dibuat, ada juga yang menggunakan daun bawang secara mentah.

Bagi yang tidak menyukai daun bawang mungkin akan merasa aneh saat mengkonsumsi daun bawang seperti rasanya yang agak wangur. Namun bagi sebagian orang yang menyukai dun bawang, justru menambahkan daun bawang mentah akan membuat rasa masakan semakin lezat dan gurih.

Read More

Banyak yang tidak mengetahui mengenai kandungan zat serta manfaat daripada daun bawang bagi kesehatan. Nah, bagi Anda yang belum tahu apa saja sih manfaat daun bawang bagi kesehatan tubuh? Berikut ini beberapa manfaat daun bawang bagi kesehatan tubuh.

  1. Menyedapkan masakan

Manfaat pertama dari daun bawang tentunya dapat menambah rasa sedap pada makanan.  Bisa dilihat dari beberapa masakan yang dimana salah satu bahan atau bumbu yang wajib ada yaitu daun bawang. Dengan menggunakan daun bawang, masakan akan terasa lebih sedap dan gurih.

  1. Meningkatkan sistem imun

Manfaat daun bawang untuk kesehatan tubuh yaitu mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh Anda. Dengan mengkonsumsi daun bawang baik yang sudah masak tercampur dengan masakan atau pun yang masih mentah dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda sehingga tibah mudah jatuh sakit.

  1. Menyehatkan mata

Selain dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh, manfaat daun bawang bagi kesehatan yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Daun bawang mengandung Vitamin A dimana Vitamin A ini bermanfaat baik untuk meningkatkan kesehatan mata Anda. Bagi Anda yang memiliki masalah penglihatan, Anda bisa mengkonsumsi daun bawang untuk meningkatkan penglihatan dan mengobati masalah penglihatan Anda.

  1. Menyehatkan tulang

Manfaat daun bawang untuk kesehatan berikutnya yaitu dapat menyehatkan tulang.  Di dalam  daun bawang terkandung zat dan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan zat tersebut seperti zat besi dan Vitamin K yang berfungsi untuk memperkuat tulang Anda. Dengan mengkonsumsi daun bawang dapat mencegah osteoporosis atau tulang keropos.

  1. Mengobati anemia

Kandungan zat besi yang terdapat pada daun bawang tidak hanya bermanfaat untuk menyehatkan tulang tapi juga berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Bahkan kandungan zat besi pada daun bawang juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh sehingga dapat mencegah penyakit anemia.

  1. Menyehatkan jantung

Selain dapat mengobati anemia, manfaat daun bawang juga baik untuk menyehatkan jantung. Kandungan zat seperti polisulfida bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan jantung bahkan berfungsi untuk melancarkan proses peredaran darah di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi daun bawang dapat mencegah dan menghambat resiko penyakit jantung.

  1. Menurunkan kolesterol

Manfaat daun bawang bagi kesehatan tubuh yaitu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Bagi Anda yang memiliki kolesterol berlebih, Anda bisa mengkonsumsi daun bawang sebagai obat alami untuk mengontrol dan enurunkan kolesterol dalam tubuh yang jika terlalu tinggi dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh Anda.

  1. Baik untuk perkembangan janin

Bagi ibu hamil, mengkonsumsi makanan tidak boleh sembarangan. Ibu hamil dituntut untuk mengkonsumsi berbagai makanan sehat yang mengandung gizi dan vitamin yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh maupun untuk kesehatan janin dalam kandungannya. Daun bawang merupakan salah satu bahan makanan yang cukup baik dikonsumsi bagi ibu hamil. Dimana daun bawang ternyata mengandung asam flat yang berfungsi baik untuk perkembangan janin.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat berikutnya yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi daun bawang yaitu membantu tubuh dalam melancarkan sistem pencernaan.Dengan mengkonsumsi daun bawang, dapat mencegah berbagai penyakit pencernaan seperti susah BAB atau sembelit.

  1. Mengobati cacingan

Cacingan merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang anak-anak. penyakit ini salah satunya ditandai dengan badan yang susah gemuk namun perut terlihat buncit. Salah satu cara untuk mengobai cacingan secara alami yaitu dengan mengkonsumsi daun bawang. Kandungan zat yang terdapat pada daun bawang dapat mencegah dan membunuh cacing pnyebab penyakit cacingan.

  1. Mengobati diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang terjadi akibat gula darah dalam tubuh terlalu tinggi. Penyakit diabetes merupakan penyakit yang harus ditangani secara serius karena penyakit yang satu ini cukup berbahaya. Untuk mengobati dan mengurangi resiko diabetes, daun bawang bisa dijadikan obat alami dimana Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari.

Related posts