Kenali Kandungan Gizi dan Manfaat Lobak Putih Bagi Kesehatan

  • Whatsapp

Manfaat Lobak Putih Bagi Kesehatan Tubuh – Lobak merupakan salah satu jenis sayuran yang masih tergolong suku umbi-umbian. Jika dilihat secara fisik, bentuknya hampir mirip dengan wortel, hanya saja memiliki warna yang berbeda. Sama halnya dengan paprika, lobak memiliki varian warna yang berbeda seperti lobak merah, lobak ungu hingga lobak putih.  Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai manfaat lobak putih bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Berikut ini manfaat lobak putih bagi kesehatan tubuh.

  1. Dapat dijadikan obat untuk mengatasi jamur

Manfaat lobak putih bagi kesehatan tubuh yang pertama yaitu lobak putih dapat dijadikan obat untuk mengatasi jamur dalam tubuh. Jamur memang baik untuk kesehatan tubuh, namun bagaimana jika jamur dalam tubuh terlalu banyak atau berlebih? Tentunya saat jamur dalam tubuh berkembang terlalu banyak dapat mengakibatkan infeksi jamur yang kemudian akan menyebabkan berbagai penyakit seperti candidas, panu,alergi atau gatal-gatal lainnya.

Read More

Jamur memiliki kandungan zat amylase, diastase, esterases serta mirosinase yang berfungsi untuk mencegah perkembangan jamur berlebih di dalam tubuh. Bagi Anda yang mengalami infeksi jamur, Anda bisa mengkonsumsi lobak putih sebagai obat alami untuk mengatasi jamur.

  1. Menyembuhkan batu ginjal

Manfaat lobak putih bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat menyembuhkan batu ginjal. Kandungan potassium yang terdapat pada lobak berfungsi untuk mencegah dan mengobati penyakit batu ginjal. Bagi pengidap batu ginjal disarankan untuk mengkonsumsi  lobak putih sebagai asupan makanan yang baik untuk mengobati batu ginjal.

  1. Mengobati kulit berjerawat

Selain dapat menyembuhkan batu ginjal, manfaat lobak bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mengobati kulit berjerawat. Kandungan gizi berupa Vitamin B, Vitamin C dan Vitamin E berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit sehingga dapat mencegah dan mengobati kulit berjerawat.  Konsumsi lobat dengan diolah menjadi jus atau pun masker alami untuk mengobati jerawat.

  1. Mengobati Rambut berketombe

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang paling banyak dikeluhkan masyarakat. Ketombe merupakan keadaaan dimana kulit kepala bermasalah dan mengelupas menjadi serpihan-serpihan putih yang sangat mengganggu penampilan bahkan menimbulkan rasa gatal.

Salah satu cara mengobati ketombe yaitu dengan menggunakan masker yang terbuat dari lobak putih. Dengan menggunakan masker lobak putih ini dapat mengatasi berbagai masalah rambut salah satunya yaitu ketombe.

  1. Mengatasi Masalah Liver

Manfaat lobak putih bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mengatasi masalah liver. Kandungan zat yang terdapat pada lobak putih bermanfaat untuk mendetoks liver sehingga dapat mencegah berbagai masalah atau penyakit yang menyerang liver.

  1. Mencegah dan Mengobati Kanker

Selain dapat mengatasi masalah liver, manfaat dari mengkonsumsi lobak putih yaitu dapat mencegah dan mengobati kanker. Lobak putih memiliki kandungan zat anti kanker yang mampu menghambat pertumbuhan senyawa penyebab kanker.

  1. Membantu Menurunkan berat badan

Manfaat lobak putih berikutnya yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan tubuh Anda yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Bagi yang sedang menjalankan program diet, lobak putih baik dikonsumsi sebagai asupan diet Anda karena dengan mengkonsumsi Lobak Putih dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Dengan mengkonsumsi lobak putih dapat menurunkan berat badan Anda tanpa membuat Anda merasa kelaparan.

  1. Mencegah dan mengobati Anemia

Manfaat lobak putih bagi kesehatan tubuh yang ke delapan yaitu lobak baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengobati penyakit anemia. Di dalam Lobak putih mengandung zat besi yang berfungsi untuk membantu memproduksi sel darah merah sehingga dapat mencegah dan mengobati  penyakit anemia.

  1. Baik untuk kesehatan mata

Berbagai rutinitas yang dilakukan sehari hari maupun dalam pekerjaan seperti berkutat dengan laptop atau layar komputer, handphone dapat membuat mata menjadi lelah bahkan terkadang menimbulkan rasa sakit hingga penglihatan menjadi buram. Salah satu cara untuk menangani masalah penglihatan yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Selain wortel dan tomat yang terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan mata, lobak putih juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan mata Anda. Lobak putih  mengandung Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata Anda.

  1. Baik untuk kesehatan kulit

Selain memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata Anda, Lobak putih juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Lobak putih mengandung Vitamin E dimana Vitamin E ini memiliki fungsi salah satu nya untuk kesehatan kulit Anda.

  1. Membantu memproduksi Hemoglobin

Kandungan zat besi yang terdapat pada lobak putih selain bermanfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit anemia juga berfungsi untuk membantu memproduksi hemoglobin. Kandungan Hb dalam darah membantu meningkatkan produksi sel darah merah serta menyalurkan oksigen dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tidak hanya Vitamin A dan Vitamin E, lobak putih juga memiliki kandungan Vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh, sehingga salah satu manfaat lobak putih bagi kesehatan tubuh yaitu dapat berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda melalui Vitamin C yang terkandung di dalamnya.

Related posts