Manfaat dan Kandungan Gizi Sayuran Oyong Bagi Kesehatan

Manfaat Oyong Bagi Kesehatan Tubuh 645x312 » Manfaat dan Kandungan Gizi Sayuran Oyong Bagi Kesehatan

Manfaat Oyong Bagi Kesehatan Tubuh – Siapa yang tak tahu oyong, salah satu jenis sayuran yang memiliki tekstur lembut saat dimasak ini sering dijadikan bahan untuk membuat tumis sayur bahkan yang paling sering yaitu sayur bening. Sayur ini baik dikonsumsi untuk anak-anak atau balita karena tidak hanya teksturnya saja yang lembut tapi juga memiliki kandungan gizi yang cukup berlimpah dan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Lalu apa saja sih kandungan gizi oyong serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh? Berikut ini manfaat oyong bagi kesehatan tubuh.

  1. Meredakan penyakit asma

Manfaat oyong bagi kesehatan yang pertama yaitu oyong bermanfaat untuk meredakan penyakit asma. Penyakit asma merupakan penyakit dimana terjadi masalah pada saluran pernafasan yang membuat dada sesak akibat susah bernafas. Salah satu cara untuk mengobati dan meredakan penyakit asma yaitu dengan mengkonsumsi oyong baik diolah menjadi sayur bening maupun diolah menjadi jus.

  1. Melancarkan peredaran darah

Manfaat oyong bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu oyong baik dikonsumsi untuk melancarkan peredaran darah. Zat yang terdapat pada oyong membantu jantung bekerja dengan baik dalam memompa darah serta membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi oyong secara tidak langsung dapat mencegah penyakit jantung.

  1. Membantu memproduksi ASI

Saat pasca melahirkan terkadang ada ibu yang mengalami masalah dalam produksi ASI sehingga terpaksa memberikan susu formula kepada si balita kecil. Padahal telah kita ketahui bahwa susu formula kurang baik untuk kesehatan bayi. Nah, bagi Anda yang mengalami masalah dalam produksi ASI, Oyong merupakan salah satu asupan makanan yang berfungsi untuk membantu memproduksi ASI.

  1. Mengobati Radang usus

Mengkonsumsi makanan secara jorok dalam arti tidak memilih makanan yang sehat dapat menyebabkan masalah pda organ pencernaan khususnya usus. Mengkonsumsi makanan seperti makanan yang terlalu pedas, mengandung asam yang tinggi dapat menyebabkan usus menjadi rusak atau mengalami peradangan. Salah satu cara untuk mengobati peradangan pada usus yaitu dengan mengkonsumsi sayur oyong

  1. Mengobati  peradangan pada telinga

Manfaat Oyong Bagi Kesehatan Tubuh » Manfaat dan Kandungan Gizi Sayuran Oyong Bagi Kesehatan

Selain dapat mengatasi dan mengobati peradangan pada usus, manfaat oyong bagi kesehatan tubuh juga mampu mengobati dan mengatasi masalah peradangan pada telinga. Kandungan zat yang terdapat pada oyong berfungsi untuk mengatasi radang pada telinga sehingga mengkonsumsi oyong dapat menjadi obat alami untuk mengatasi peradangan pada telinga.

  1. Obat cacingan

Cacingan merupakan penyakit yang sering sekali menyerang anak, dimana gejala cacingan dapat terlihat dari anak yang doyan makan namun berat badannya tidak naik bahkan perutnya saja yang buncit. Salah satu cara mengatasi cacingan yaitu dengan memberikan oyong sebagai asupan makanan untuk si kecil. Dengan mengkonsumsi oyong dapat menjadi obat untuk mengatasi penyakit cacingan pada si kecil.

  1. Mengatasi radang tenggorokan

Oyong memang memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi peradangan. Baik itu berfungsi untuk mengatasi peradangan usus hingga telinga. Bahkan manfaat oyong bagi kesehatan tubuh lainnya juga yakni dapat mengatasi peradangan pada tenggorokan. Kandungan zat yang terdapat pada oyong memang baik untuk mengobati dan mengatasi peradangan termasuk radang tenggorokan.

  1. Mencegah diabetes

Manfaat oyong bagi kesehatan tubuh lainnya yaitu oyong bermanfaat untuk mencegah diabetes. Di dalam oyong mengandung enzim peptide dimana enzim ini dapat mengontrol kadar gula dalam darah sehingga dapat mencegah dan mengatasi penyakit diabetes.

  1. Anti oksidan

Kandungan zat yang terdapat pada oyong salah satunya yaitu Vitamin C, meskipun kadar Vitamin C tidak terlalu tinggi pada sayur oyong namun tetap berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan antioksidan juga selain dapat menghambat serangan penyakit juga dapat mencegah penuaan dini.

  1. Menjaga kesehatan  mata

Manfaat oyong bagi kesehatan tubuh yang kesepuluh yaitu oyong bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Oyong memiliki kandungan Vitamin A yang cukup tinggi dimana Vitamin A berfungsi untuk meningkatkan kesehatan mata. Bagi mereka yang mengalami masalah pada kesehatan mata, bisa mengkonsumsi oyong untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan indera penglihatan ini.

  1. Meningkatkan imun

Manfaat oyong bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat meningkatkan sistem imun. Kandungan Vitamin C yang terdapat pada oyong meskipun tidak terlalu tinggi tetap berfungsi untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh sehingga tidak mudah jatuh sakit.

  1. Mencegah sariawan

Selain dapat meningkatkan sistem imun, kandungan Vitamin C yang terdapat pada oyong membantu mencegah serta meredakan penyakit sariawan. Dengan mengkonsumsi oyong dapat menjadi obat alami untuk mengatasi sariawan yakni penyakit yang cukup menyiksa dan menghilangkan nafsu makan ini.

  1. Menyehatkan kulit dari dalam

Manfaat berikutnya yang Anda dapatkan dari mengkonsumsi sayur oyong yaitu dapat menyehatkan kulit dari dalam. Kandungan Vitamin E yang terdapat pada oyong tidak hanya dapat merawat kecantikan kulit Anda dari luar tapi juga dari dalam.