Manfaat Jambu Air dan Kandungan Gizinya untuk Kesehatan

  • Whatsapp

Jambu air merupakan salah satu jenis buah yang masih satu keluarga dengan jambu biji hanya saja jambu air memiliki bentuk dan tekstur yang benar-benar berbeda. Jambu air juga memiliki banyak jenis, ada yang berwarna hijau kemerahan, ada yang berwarna merah, ada juga yang berwarna hijau. Jambu air memiliki rasa yang manis namun ada juga yang memiliki rasa masam namun buah yang satu ini sangat nikmat jika dijadikan rujak. Dibalik rasa manis dan masamnya, buah jambu air memiliki kandungan gizi yang mendukung kesehatan tubuh. Namun banyak orang yang belum tahu manfaat buah jambu air bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat jambu air bagi kesehatan.

  1. Mengatasi diabetes

Manfaat jambu air bagi kesehatan tubuh yang pertama yaitu dapat mengatasi diabetes. Bagi penderita diabetes, buah jambu biji aman dikonsumsi karena memiliki kadar gula rendah sehingga tidak membahayakan kesehatan tubuh.

Read More

  1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Manfaat jambu air bagi kesehatan tubuh yang kedua yaitu dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Jambu air memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan. Bagi Anda yang mengalami masalah pencernaan seperti susah buang air besar, buah jambu air baik dikonsumsi untuk mengatasi masalah sistem pencernaan tersebut.

  1. Mencegah penyakit kanker

Manfaat jambu air bagi kesehatan tubuh yang ketiga yaitu dapat mencegah penyakit kanker.Beberapa kandungan zat yang terdapat pada buah jambu air berfungsi untuk mencegah tumbuhnya senyawa dan pembentuk sel kanker. Dengan mengkonsusmi buah jambu air dapat mengurangi resiko penyakit kanker.

  1. Dapat Mendetoks tubuh

Selain dapat mencegah penyakit kanker, buah jambu air memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh yaitu seperti dapat menjadi detoksifikasi dalam tubuh. Kandungan zat yang terdapat pada buah jambu air berfungsi untuk membersihkan racun dalam tubuh.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat jambu air bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Buah jambu biji memiliki kandungan zat yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah serta dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah sehingga dengan mengkonsumsi buah jambu air dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Selain menjaga kesehatan jantung, manfaat buah jambu air bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Buah jambu air memiliki kandungan Vitamin C dimana salah satu fungsi daripada Vitamin C yaitu dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga dengan baik.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Tidak hanya memiliki kandungan Vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Di dalam buah jambu air juga terkandung kalsium dimana kalsium ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan mengkonsumsi buah jambu biji dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan membantu memperkuat  tulang sehingga tulang tidak mudah keropos atau terkena osteoporosis.

  1. Menjaga kesehatan mata

Selain dapat meningkatkan kesehatan tulang, manfaat jambu air bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan mata Anda. Kandungan Vitamin A yang terdapat pada buah jambu air berfungsi baik untuk menjaga kesehatan mata atau penglihatan. Dengan mengkonsumsi buah jambu air dapat membantu menurunkan resiko penyakit rabun dan masalah penglihatan lainnya.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat jambu air bagi kesehatan tubuh yang kesembilan yaitu dapat menangkal radikal bebas. Buah jambu air memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas serta mampu mencegah penuaan dini.

  1. Mengatasi dehidrasi

Selain buah semangka, jambu air merupakan salah satu buah yang bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi. Seperti namanya jambu air, buah yang satu ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah dehidrasi.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, buah jambu air  juga bermanfaat untuk kecantikan tubuh Anda. Salah satu manfaat buah jambu air bagi kecantikan tubuh yaitu dapat menjaga kesehatan kulit. Kandungan air yang terdapat pada buah jambu air tidak hanya bermanfaat untuk mencegah dehidrasi tai juga baik untuk nutrisi kulit. Kandungan air tersebut bermanfaat untuk melembabkan kulit tubuh.

  1. Mengatasi sariawan

Manfaat jambu air bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mengatasi sariawan. Buah jambu air memiliki kandungan Vitamin C yang tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tapi juga bermanfaat penting untuk mengatasi penyakit sariawan.

Related posts