Suka Buah Jeruk? Ini Manfaat dan Kandungan Gizinya yang Baik bagi Kesehatan

  • Whatsapp

Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan Tubuh – Jeruk merupakan salah satu buah yang hampir semua orang menyukainya. Selain rasanya yang nikmat, buah jeruk memiliki rasa yang menyegarkan. Tidak salah jika buah jeruk sering dijadikan minuman, jus maupun penambah rasa pada makanan.

Buah jeruk memang terkenal dengan kandungan Vitamin C nya yang begitu tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun buah yang satu ini ternyata memiliki kandungan lain yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah jeruk bagi kesehatan tubuh.

Read More

  1. Mencegah stroke

Manfaat buah jeruk bagi kesehatan yang pertama yaitu dapat mencegah stroke. Buah jeruk kaya akan mineral seperti kalsium, magnesium, zinc dan kandungan zat lainnya yang bermanfaat baik untuk mencegah penyakit stroke. Dengan mengkonsumsi buah jeruk dapat mengurangi resiko penyakit stroke.

  1. Mengatasi darah tinggi

Manfaat buah jeruk bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mengatasi darah tinggi. Buah jeruk memiliki kandungan kalium yang berfungsi membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah jeruk dapat mencegah dan mengatasi penyakit hipertensi. Bagi yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi, buah jeruk sangat disarankan untuk dijadikan obat alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Mencegah kanker

Manfaat buah jeruk bagi kesehatan tubhh yang ketiga yaitu dapat mencegah penyakit kanker. Kandungan Vitamin C yang terdapat pada buah jeruk memiliki manfaat yang berlimpah bagi kesehatan tubuh, salah satunya yaitu dapat mencegah kanker. Dengan mengkonsumsi buah jeruk dapat mengurangi resiko penyakit kanker.

  1. Mencegah penyakit jantung

Selain dapat mencegah penyakit kanker, manfaat buah jeruk bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu daapt mencegah penyakit jantung. Buah jeruk mengandung kalium yang tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi darah tinggi tapi juga dapat membantu mencegah penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi buah jeruk dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

  1. Menjaga kulit

Manfaat buah jeruk yang kelima yaitu baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda. kandungan Vitamin C serta antioksidan yang terdapat pada buah jeruk tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh tapi juga baik untuk kecantikan kulit Anda. Kulit Anda menjadi lebih sehat dan tidak mudah keriput.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Setiap orang tentunya menginginkan tubuhnya tetap segar dan awet muda. Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar tubuh tetap awet muda yaitu dengan mengkonsumsi buah jeruk. Buah jeruk memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab penuaan dini.

  1.  Kandungan kalori dan karbohidrat

Tubuh membutuhkan kalori serta karbohidrat sebagai asupan dan suplai energi dalam tubuh. Kandungan karbohidrat biasanya di dapat dari mengkonsumsi nasi. Namun mengkonsumsi nasi terlalu banyak dapat menyebabkan kegemukan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan kalori serta karbohidrat dalam tubuh tanpa harus takut kegemukan yaitu dengan mengkonsumsi buah jeruk.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat buah jeruk bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Buah jeruk memiliki kandungan Vitamin C yang begitu tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih kuat dan tubuh menjadi tidak mudah terserang penyakit.

  1. Meningkatkan kinerja otak

Berbagai pekerjaan kadang kala membutuhkan pemikiran dan kinerja otak yang tinggi khususnya mereka yang bekerja di industri kreatif yang dituntut untuk memunculkan ide dan inovasi baru. Salah satu cara agar kinerja otak Anda meningkat yaitu dengan mengkonsumsi buah jeruk. Rasanya yang segar  berfungsi baik untuk merefresh kembali pikiran Anda.

  1. Mencegah diabetes gestasional

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang masyarakat Indonesia. Diabetes memiliki beberapa jenis, salah satunya yaitu diabetes gestasional. Penyakit diabetes gestasional merupakan penyakit diabetes yang menyerang ibu hamil. Untuk itu ibu hamil harus berhati hati agar tidak terkena penyakit diabetes yang satu ini. Salah satu cara untuk mencegah diabetes gestasional yaitu dengan mengkonsumsi buah jeruk.

  1. Menjaga kesehatan ginjal

Manfaat buah jeruk bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan ginjal. Kandungan zat yang terdapat pada buah jeruk berfungsi untuk menjaga kesehatan ginjal.

  1. Mengatasi sariawan

Vitamin C terkenal dengan khasiatnya yang dapat mengatasi sariawan. Saat Anda mengalami sariawan salah satu obat alami untuk mengatasi sariawan yaitu buah jeruk. Kandungan Vitamin C yang tinggi pada buah jeruk dapat mencegah dan menyembuhkan sariawan.

  1. Melancarkan pencernaan

Manfaat buah jeruk bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat melancarkan pencernaan. Layaknya buah dan sayuran lainnya, buah jeruk memiliki kandungan serat yang baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi buah jeruk dapat mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan susah buang air besar.

Related posts